Connect with us

Cocok Untuk Kalian Calon Mahasiswa Yang Berprestasi! 9 Universitas Terbaik Seasia

Lainnya

Cocok Untuk Kalian Calon Mahasiswa Yang Berprestasi! 9 Universitas Terbaik Seasia

Universitas atau yang biasa kita sebut kampus atau juga perguruan tinggi adalah tempat dimana kita melanjutkan jenjang kita setelah lulus dari SMA maupun SMK. Sebelum kelulusan tiba, semua siswa SMA pasti merencanakan untuk masuk ke universitas pilihan mereka. Dan juga untuk mereka yang berprestasi pastinya sudah merencanakan untuk masuk ke salah satu universitas terbaik. Jika benar begitu, disini kami telah menyajikan 9 Universitas terbaik seasia yang cocok bagi kalian calon mahasiswa yang berprestasi menurut Dunia9.My.Id.

1. National University of Singapore

Gelar kampus terbaik seasia diraih oleh National University of Singapore atau yang biasanya dikenal dengan singkatan NUS. Lokasinya ada di Kent Ridge, Singapura Barat Daya. Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1905 ini memiliki luas area mencapai 1,5 km persegi. Kampus ini memiliki jumlah mahasiswa dan program studi terbanyak di Singapura.

2. Nanyang Technological University

Gelar selanjutnya diraih oleh kampus asal Singapura juga yang bernama Nanyang Technological University. Lokasinya di kawasan Jurong, masih di area Singapura Barat Daya gak jauh dari National University of Singapore.

Kampus yang biasanya lebih populer dikenal dengan sebutan NTU ini gak hanya membuka kelas-kelas teknik dan sains, tapi juga program studi bisnis dan humaniora. Kampus ini juga terkenal dengan kecepatan akses internetnya yang luar biasa, yaitu lebih dari 50 mbps. Wow kalau pakai download enak banget nih….hehehe.

Baca Juga  9 Samurai Yang Paling Hebat Sepanjang Sejarah Jepang

3. Tsinghua University

Universitas Tsinghua yang terletak di Tiongkok menempati urutan ketiga kampus terbaik seasia. Bersama Universitas Peking, kampus ini adalah institusi pendidikan tinggi terbaik di Beijing.

Universitas Tsinghua mengedepankan aktivitas penelitian dan penerapan langsungnya di masyarakat. Salah satu program studi favorit di kampus ini adalah Teknik Nuklir, yang sudah dibuka sejak tahun 1950an.

4. The University of Tokyo

Di urutan selanjutnya ada kampus yang terletak di jepang, yaitu The University of Tokyo. Kampus ini sudah berdiri sejak tahun 1870-an dan memiliki lima kampus yang tersebar di Hongo, Komaba, Kashiwa, Shirokane dan Nakano.

The University of Tokyo juga memiliki 10 fakultas dan telah melahirkan alumni-alumni hebat. Salah satunya adalah Yasunari Kawabata, penulis dan sastrawan hebat yang Brasilia menggondol penghargaan nobel di bidang sastra pada tahun 1968.

Baca Juga : 9 Hewan Yang Menghuni Kawasan Arktik Atau Kutub Utara. Nggak Kedinginan Apa Yak?

5. The University of Hong Kong

Gelar kelima kampus terbaik seasia diraih oleh The University of Hong Kong. Kampus yang berdiri sejak tahun 1911 ini punya peran besar terhadap kemajuan di bidang medis. The University of Hong Kong memiliki tim peneliti terbaik yang pertama kali mengisolasi virus corona, penyebab penyakit pernapasan akut SARS.

Baca Juga  Kamu Harus Tahu! 9 Manfaat Daun Talas Untuk Kesehatan Tubuh

The University of Hong Kong juga merupakan perguruan tinggi tertua di Hong Kong. Program studi favorit di kampus ini adalah sains dan teknologi, terutama biomedik.

6. Peking University

Di urutan keenam kampus terbaik seasia datang lagi dari Negeri Tirai Bambu tepatnya di Beijing, yaitu Peking University. kampus ini adalah universitas nasional modern pertama yang dibangun di Tiongkok. Selain terkenal dengan kualitas akademiknya, Universitas Peking memukau lewat arsitektur bangunan Tionghoa kuno yang megah.

Salah satu alumni terbaik dari Universitas Peking adalah Mao Zedong, sosok filsufr ternama dan Ketua Partai Komunis Cina di awal berdirinya negara ini.

Baca Juga : Tahukah Kamu! 9 Hewan Yang Hanya Terdapat Di Indonesia

7. Kyoto University

Di peringkat selanjutnya ada Kyoto University. Kampus yang sudah berdiri sejak tahun 1897 ini memiliki banyak program studi berkualitas dan fasilitas pendidikan yang lengkap. Kyoto University terdiri dari 10 fakultas, 17 sekolah pascasarjana, 13 institut riset, serta 29 pusat riset dan pendidikan tinggi.

Baca Juga  Daftar 9 Hewan yang Paling Beracun dan Berbisa di Dunia

8. Seoul National University

Seoul National University menduduki peringkat kedelapan kampus terbaik seasia dan terletak di pusat kota Seoul. Sudah berdiri sejak tahun 1946, kampus ini merupakan gabungan dari sepuluh perguruan tinggi kecil yang berada di sekitarnya.

Gak heran jika Seoul National University dijuluki sebagai kampus paling prestisius di Korea Selatan. Jumlah mahasiswanya bisa mencapai angka 30.000 orang lebih.

9. The Hong Kong University of Science and Technology

Untuk gelar kesembilan kampus terbaik seasia diraih oleh The Hong Kong University of Science and Technology. Kampus yang biasanya dikenal dengan sebutan HKUST ini terbagi menjadi empat lembaga pendidikan utama yaitu sains, teknologi, bisnis dan manajemen, serta ilmu sosial dan humaniora.

Sumber : https://www.idntimes.com/life/education/dian-arthasalina/daftar-10-kampus-terbaik-di-asia/full

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top