Connect with us

Doraemon di Dunia Nyata? Ini 9 Robot Futuristis untuk Asisten Rumah!

Teknologi

Doraemon di Dunia Nyata? Ini 9 Robot Futuristis untuk Asisten Rumah!

Apakah kamu pernah bermimpi memiliki sebuah robot untuk asisten rumah tangga? Ya, memang sebuah robot pintar atau Android sempat jadi bahan fiksi di berbagai film dan game. Tapi, sebenarnya robot itu sudah ada saat ini, loh! Walaupun robot pintar yang ada saat ini tidak secanggih pada film, tapi adanya teknologi asisten rumah berupa mesin sudah cukup menakjubkan. Seperti robot pintar ini yang sudah bisa berfungsi dan digunakan sehari-hari. Apa saja? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Ubtech LynxHasil gambar untuk Ubtech Lynx

Pertama adalah Lynx yang dibuat oleh Ubtech Robotics dengan bentuk ala robot masa depan yang dapat berjalan. Robot ini terkoneksi dengan Alexa dan mampu membantu kamu untuk mengerjakan berbagai hal hanya dengan memberikan perintah kepada Lynx dengan suara. Kamu bisa bertanya soal cuaca, kalender, hingga kegiatan apa yang harus kamu lakukan hari ini. Untuk mengatur Lynx cukup mudah. Yaitu melalui aplikasi Lynx atau Alexa sekalipun. Robot ini sudah tersedia dan dijual secara online dengan harga 780 USD atau Rp11 jutaan. Tertarik beli, geng?

2. Jibo

Hasil gambar untuk jibo

Selanjutnya adalah Jibo yang sangat terkenal di tahun 2017 karena inovasinya yang membuat rumah menjadi semakin canggih. Robot ini dapat membantu kamu mengerjakan pekerjaan rumah dengan lebih mudah tanpa usaha lebih. Cukup memberikan perintah lewat suara kepada Jibo. Robot ini mampu mengenal hingga 16 suara berbeda, sehingga ia dapat menyesuaikan diri dengan kebiasaan setiap pengguna. Kamu dapat memintanya untuk menyalakan lagu, mematikan lampu, hingga menceritakan jokes atau lelucon. . Kamu dapat mengatur Jibo melalui aplikasi Jibo Commander saat pertama kali membeli. Robot ini dijual dengan harga 899 USD atau Rp12 juta.

Baca Juga  9 Ide Bisnis yang Sering Dicibir tapi Aslinya Hasilkan Banyak Uang

Baca Juga : 9 Profesi yang Akan Digantikan Robot

3. LG CLOi

Hasil gambar untuk LG CLOi

Nah, kalau CLOi ini dikembangkan oleh LG yang terkenal dengan perangkat elektronik rumah. Robot satu ini sangat imut dan dapat membantu pekerjaan rumah kamu. LG CLOi dapat kamu gunakan untuk mengetahui kegiatan yang harus kamu lakukan hari ini ataupun membersihkan rumah hanya dengan memberikan perintah suara. Robot ini terintegrasi dengan sejumlah robot lainnya seperti LG CLOi LawnBot atau LG CLOi CleanBot. Sehingga pekerjaan apapun yang tidak bisa kamu kerjakan dapat dibantu oleh LG CLOi.

4. Pepper by SoftBank Robotics

Hasil gambar untuk Pepper by SoftBank Robotics

Mirip dengan Lynx, Pepper yang dibuat oleh SoftBank Robotics ini memiliki bentuk yang serupa dengan manusia atau humanoid. Robot ini memiliki tinggi 120 cm dengan berbagai fitur pintar yang akan membantu siapa pun yang berinteraksi dengannya. Pepper akan memberikan segala informasi yang dibutuhkan pada layar di bagian tubuhnya. Robot ini sering digunakan di perusahaan besar di Jepang. Namun, kamu juga bisa memilikinya untuk asisten rumah dengan merogoh kocek hingga 1931 USD atau Rp27 juta. Mantap!

5. Asus Zenbo

Tak mau kalah, Asus juga membuat robot pintarnya dengan nama Zenbo. Robot ini memiliki tampilan yang lucu dengan berbagai fitur menarik. Kamu dapat menjadikan robot ini sebagai guru untuk mengajarkan hal yang menarik anak-anak di sekolah menyenangkan atau menjadikan robot ini sebagai asisten bisnis di toko retail. Tak berhenti di situ, Zenbo dapat digunakan juga untuk medical checkup dengan menghubungkannya dengan berbagai alat kesehatan. Robot ini dapat diatur melalui aplikasi yang disediakan untuk mobile. Zenbo tersedia dengan harga 599 USD atau Rp8 juta.

Baca Juga  9 Fakta Unik Proklamasi Indonesia, Millennials Sudah Tahu?

6. Kuri by Mayfield Robotics

Mau punya robot yang imut dengan ekspresi yang bikin hari kamu ceria? Kuri buatan Mayfield Robotics ini bisa jadi jawabannya. Robot ini memiliki bentuk mungil dengan kepala bulat dan dilengkapi dengan 2 buah mata. Pertama kali diperkenalkan pada CES 2015, Kuri mampu memberikan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan rumah. Seperti menyalakan lagu, membacakan e-book, hingga mengingatkan kamu akan masakan yang telah matang. Robot ini dijual dengan harga 899 USD atau Rp12 juta. Sama dengan Jibo, tapi punya bentuk dan ekspresi yang lebih imut. Kawai!

7. Sony Aibo

Anjing merupakan partner manusia yang paling setia dan penurut. Apalagi dengan tingkahnya yang lucu membuat banyak orang menginginkannya. Tapi, sebagian di antara penyayang anjing memiliki alergi terhadap bulu yang rontok dari tubuhnya. Impian memiliki anjing pun seakan sirna. Tapi, Sony membuat solusinya dengan menggantikan anjing sungguhan dengan robot. Apa lagi kalau bukan Sony Aibo. Robot ini memiliki bentuk yang lucu menyerupai anjing sungguhan. Kamu dapat bermain dengannya dan ia akan merespon kamu dengan menggonggong. Seperti anjing sungguhan, saat kamu mengusap kepala dan badannya. Ia akan merespon dengan cara yang berbeda.

Tak hanya untuk bermain, Aibo memiliki kamera yang mampu menangkap gambar di sekeliling rumah. Robot ini dijual dengan harga yang sangat mahal. Kamu haru merogoh kocek hingga 1800 USD atau Rp25 juta untuk membeli satu. Kamu tertarik beli?

Baca Juga  9 TOKO ONLINE TERBAIK DAN TERBESAR DI DUNIA

8. Erica

Kamu tertarik dengan parasnya yang cantik? Jangan buru-buru suka, Erica itu sebuah Android. Robot ini bukan untuk dijual tapi sebagai pengenalan akan bentuk robot pintar yang ada di masa depan. Erica adalah salah satu contoh Android super canggih yang mirip dengan manusia mampu berinteraksi seolah hidup sungguhan. Android ini dikembangkan oleh kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency, Universitas Osaka, Kyoto University, dan Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR). Robot ini mampu menjawab beberapa pertanyaan dengan tepat dan memiliki ekspresi yang natural seperti pada film science fiction. Bagaimana menurut kamu?

9. Sophia

Terakhir adalah Sophia, sang robot humanoid sosial yang dikembangkan oleh Hanson Robotics. Robot ini pertama kali diperkenalkan pada 2016. Seperti pada film Hollywood, Sophia dapat berinteraksi dengan manusia secara ekspresif. Sophia dirancang untuk memberikan lebih dari 50 ekspresi. Hebatnya, robot ini pernah masuk ke acara talk show ternama seperti The Tonight Show with Jimmy Fallon, CNBC, hingga CES 2019. Kamu ingin ketemu sama dia gak, geng?

Akhir Kata

Itu dia robot pintar yang dapat digunakan sebagai asisten rumah tangga ataupun kebutuhan publik. Bagaimana menurut kamu tentang penggunaan robot dalam kebutuhan sehari-hari?

Sumber : Today.line.me

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Teknologi

To Top