Connect with us

Hati – Hati!! 9 Tumbuhan Paling Beracun Dan Mematikan Bagi Manusia

Lainnya

Hati – Hati!! 9 Tumbuhan Paling Beracun Dan Mematikan Bagi Manusia

Hati – Hati!! 9 Tumbuhan Paling Beracun Dan Mematikan Bagi Manusia

Dunia9.My.Id – Banyak sekali jenis tanaman dan tumbuhan didalam dunia ini, bahkan dengan berbagai jenis baik yang beracun maupun tidak. Dari banyaknya jenis tumbuhan yang sekarang masih lestari, Dunia9.My.Id akan membahas tentang 9 Tumbuhan paling beracun dan mematikan bagi manusia.

1. Tanaman Jarak

Tanaman ini sudah tercatat di rekor dunia sebagai tanaman beracun yang sangat mematikan. Tanaman yang dikenal juga sebagai tanaman cator ini berbahaya pada bijinya. Daun dan getah jarak biasanya banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, tapi siapa sangka biji jarak adalah pembunuh yang mematikan. Memakan dua biji jarak sudah cukup menamatkan riwayat hidup anda selamanya.

Biji tanaman jarak ini mengandung racun yang bisa menyebabkan rasa terbakar pada mulut, leher, perut dan selanjutnya bisa mengakibatkan kematian karena dehidrasi. Racun yang terkandung dalam pengolahan biji jarak ini biasa dikenal dengan ricin. Ricin merupakan senyawa sampingan yang dihasilkan dari pengolahan biji tanaman jarak. Senyawa ini dapat mengakibatkan orang tewas karena menyebabkan gangguan sistem peredaran darah dan pernafasan. Saat ricin masuk dalam tubuh, satu molekul ricin akan membunuh satu sel. Jika senyawa ini terhirup, disuntikkan atau tertelan, kurang dari titik kecil ricin dapat membunuh seseorang dalam waktu 36-48 jam.Para ahli medis mengatakan, ricin merupakan pembunuh ganas sekuat virus anthrax. Dan, bahayanya lagi, sampai saat ini belum ditemukan penawarnya.

2. Ubi Racun

Singkong atau dikenal juga dengan ubi memang makanan khas desa yang banyak digemari masyarakat. Tetapi siapa sangka ternyata singkong itu mengandung racun yang berbahaya. Namun, kadarnya berbeda bergantung varietasnya. Singkong pahit yang memiliki nama latin Manihot glaziovii (dikenal sebagai ubi racun atau singkong karet) kadar racunnya jauh lebih tinggi dibanding singkong manis yang biasa dikonsumsi setiap hari (Manihot utilissima). Racun yang ada pada singkong biasanya terkonsentrasi di daun dan umbi singkong, racun itu diketahui sebagai senyawa cyanogenik glycoside; linamarin dan lotaustralin yang oleh enzim dapat menghasilkan asam sianida.

Sianida dikenal sebagai pembunuh berdarah dingin dan sulit terditeksi, ia tidak berasa, tidak berbau dan tidak berwarna. Satu-satunya indikator untuk mengetahui sianida ada pada singkong adalah warna kebiruan yang muncul pada umbi bila lama terpapar udara.Racun sianida akan jauh berkurang bila dipanaskan. Biasanya korban yang keracunan akibat salah dalam pengolahan singkong karena memasak umbi atau daun tidak sempurna. Jadi, bagi anda yang sudah tahu hal ini jangan pernah memakan daun atau umbi singkong dalam keadaan mentah atau setengah matang karena itu sangat berbahaya.

Baca Juga  Gak Nyangka , 9 Produk Lokal Yang Mendunia !

3. Bunga Oleander

Tanaman Oleander memang cantik, bahkan sering dijadikan penghias halaman sekolah maupun taman. Tetapi anda jangan terkecoh dengan paras cantikanya, karena siapa sangka, bunga oleander termasuk jenis tanaman yang dengan mudah menghilangkan nyawa manusia.

Walaupun tanaman ini indah untuk dilihat, ingatlah untuk jangan pernah memasukkan bagian apapun dari tanaman ini ke mulut Anda. Dimulai dari daun hingga buahnya. Karena Bunga Oleander ini selain dikenal cantik, juga sebagai salah-satu dari tumbuhan yang paling beracun. Jika daunnya di konsumsi satu helai saja dapat membunuh manusia dewasa. Bahkan berdasarakan TESS atau Toxic Exposure Surveillance System, dilaporkan khususnya di Amerika Serikat terdapat 847 jenis racun manusia dan semua racun itu sangat berkaitan dengan bunga Oleander ini.

4. Rosary Pea

Salah satu ciri dari tanaman ini adalah warna merah pada bijinya. Memilik nama lain The Rosary Pea, Crab’s Eye, atau Jumbie Bead. Jika tidak tahu dan dipandang sekilas, tanaman ini nampak tidak berbahaya bahkan terkesan lucu dan unik. Namun ternyata ia memamg mematikan. Sesuai namanya, tumbuhan ini dulu kerap digunakan sebagai manik-manik untuk rosario. Perhiasan di seluruh dunia memakainya. Sehingga banyak pembuat perhiasan yang kondisinya drop bahkan meninggal pasca menusukkan jari ketika memegang tumbuhan ini.

Di Indonesia sendiri tanaman ini dikenal sebagai Saga Rambat. jika anda menghirup dan mengkonsumsinya, maka alamat hidup anda bisa berakhir. Karena Racun yang terkandung dalam tumbuhan ini adalah Abrin yang merupakan salah satu toksin paling mematikan di dunia, gejala awal yang akan ditimbulkan, halusinasi, gagal ginjal dehidrasi dan akhirnya berujung pada kematian.

Baca Juga  9 Fenomena Alam Yang Paling Menakjubkan. Kalian Pasti Terkagum - kagum!

5. Doll’s Eye

Penampilan dari tanaman mata boneka ini cukup unik tapi mengerikan, itu wajar karena yang terkandung di dalamnya juga sesuatu yang mengerikan. Titik hitam yang ada di tengah buah berry putih ini adalah titik yang menandakan tempat dengan konsentrat racun tertinggi. Karena bentuknya yang sangat unik inilah biasanya anak kecil suka tertarik dengan tanaman Doll’s Eye. Beberapa kasus anak-anak akan keracunan setelah bermain dengan tanaman ini.

Biji dari tanaman mata boneka ini mengandung toksin cardiogenic. Toksin yang satu ini bisa memberi efek seperti penenang pada jaringan otot jantung. Jika biji tanaman ini  dikonsumsi maka dapat menimbulkan keracunan hingga gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian.

6. Water Hemlock

Water Hamlok terkenal sebagai salah satu tumbuhan paling mematikan dalam sejarah manusia sejak dulu. Ia ini naik pamor dan menjadi sangat terkenal setelah ia bertanggung jawab atas kematian socrates. Cicuta atau Water Hemlock merupakan tanaman atraktif dengan bunga kecil berwarna putih atau hijau yang teratur menyerupai payung. Di Amerika Utara, Water Hemlock adalah tumbuhan paling mematikan karena sangat beracun bagi manusia.

Tanaman ini kerap dijuluki daun peterseli beracun, bubur setan atau berang-berang beracun. Menjadi sangat beracun, karena semua bagian dalam dirinya memiliki alkaloid coniine, menghasilkan racun cicutoxin. Mereka yang bernasib buruk karena mengkonsumsi water hemlock, secara otomatis Racun Cicutoxin akan aktif dan mengakibatkan kram, muntah-muntah, gemetar, gagal jantung, bahkan melumpuhkan syaraf pusat sebelum akhirnya merenggang nyawa.

Baca Juga : 9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing

7. Gyimpie – Gympie

Orang luar negeri menyebutnya tanaman gympie-gyimpie sebagai tanaman penyengat karena saat kulit tersentuh daun gympie gympie sedikit saja rasanya seperti seperti tersengat rasa panas luar biasa dan tidak akan pernah hilang hingga berbulan-bulan. Tanaman yang berbahaya ini diketahui pernah membunuh hewan dan manusia.

Biasanya tumbuh di hutan timur Australia dan hutan Maluku Indonesia. Sangking kuat racunnya daun gympie gympie yang telah kering ratusan taun pun masih mengandung racun moreidin. Racun ini biasanya terdapat pada bulu tanaman gympie gympie.bila anda ke hutan dan melihat tanaman ini, segeralah menjauh. Berada didekatnya beresiko terkena racun. Denga racun yang begitu dahsyat, tentara Inggris pernah tertarik pada tanaman ini dan berniat menjadikannya senjata biologis pada akhir 1960.

Baca Juga  9 Pekerjaan Paling Cocok untuk Milenial

8. English Yew

Tanaman ini merupakan tanaman kecil yang mempunyai buah lebat seperti berry berwarna merah. English yew marupakan tanaman di dunia ini dapat membunuh manusia jika dikonsumsi dengan dosis 50 g. Efek yang ditimbulkan dari racunnya, dapat menyebabkan gagal ginjal yang berujung pada kematian tanpa ditandai ciri-ciri lainnya.

9. Deadly Nightshade

Secara sekilas tanaman ini terlihat tidak berbahaya bahkan terlihat dapat dimakan dengan buah berrynya yang berwarna hijau atau hitam mengkilat, ditambah lagi rasa mereka yang manis. Sayangnya, tumbuhan Deadly Nightshade ini adalah salah satu tanaman paling mematikan yang ada di dunia.Racun yang terkandung dari tanaman ini adalah Atropine dan scopolamine yang diproduksi alami oleh sel suatu organisme. Anehnya adalah racun atropine dan scopolamine yang ada di dalam tanaman ini tidak mempengaruhi hewan tertentu seperti kuda, kelinci, domba, dan beberapa burung diketahui tidak terpengaruh oleh racun mereka.

Sementara manusia sendiri sangat sensitif terhadap racun ini, dimana 2 buah berry tanaman ini diketahui cukup untuk membunuh seorang anak kecil, dan 10 hingga 20 buah cukup untuk membunuh seorang manusia dewasa. Hal ini berlaku lebih fatal lagi untuk daun mereka, yakni hanya dibutuhkan 1 daun untuk membunuh seorang pria dewasa. Dan hal yang lagi-lagi aneh, ternyata keluarga dari nightshade ini ternyata begitu dekat dengan dapur kita. Seperti tomat, terong, kentang dan cabai rawit

Sumber : https://dosenbiologi.com/tumbuhan/tumbuhan-beracun-paling-mematikan

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top