Connect with us

Indonesia Termasuk?! Inilah 9 Masjid Terbesar dan Termegah Yang Ada di Dunia

Lainnya

Indonesia Termasuk?! Inilah 9 Masjid Terbesar dan Termegah Yang Ada di Dunia

Diantara sekian banyak masjid di dunia ini, ada tiga masjid yang memiliki keutamaan berbeda dibanding mesjid lainnya di dunia.Masjidil Haram di Mekah Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjid Al-Aqsa. Sementara mesjid lainnya memiliki keutamaan dan derajat yang sama.

Namun jika berbicara soal keindahan, 10 mesjid berikut ini memiliki keindahan serta kemegahan yang mampu menjadi kebanggaan umat Islam di wilayah tempatnya berdiri.Tentu dengan harapan keindahan dari bangunan masjid membuat para umat muslim lebih giat lagi dalam menjalankan ibadah.

Nah penasaran seperti apa? Berikut 10 masjid terindah dan terbesar yang ada di dunia. kamu pasti akan terkagum-kagum dibuatnya.

 

1.Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi

Masjidil Haram adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah Haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia, diikuti oleh Masjid nabawidi Madinah al-Munawarah sebagai masjid terbesar kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci utama bagi umat Muslim. Luas keseluruhan masjid ini mencapai 356800 m2 (3841000 sq ft)dengan kemampuan menampung jamaah sebanyak 820.000 jamaah ketika musim Haji dan mampu bertambah menjadi dua juta jamaah ketika salat Id.

2. Masjid al-Nabawi, Madinah, Arab Saudi

Masjid Nabawi adalah sebuah masjid yang didirikan secara langsung oleh Nabi Muhammad, berlokasi di pusat kota Madinah di Arab Saudi. Masjid Nabawi merupakan masjid ketiga yang dibangun dalam sejarah Islam dan kini menjadi salah satu masjid terbesar di dunia. Masjid ini menjadi tempat paling suci kedua dalam agama Islam, setelah Masjidil Haram di Mekkah. Masjid ini di buka setiap hari.

Masjid ini sebenarnya merupakan bekas rumah Nabi Muhammad yang dia tinggali setelah Hijrah (pindah) ke Madinah pada 622 M. Bangunan masjid sebenarnya di bangun tanpa atap. Masjid pada saat itu dijadikan tempat berkumpulnya masyarakat, majelis, dan sekolah agama. Masjid ini juga merupakan salah satu tempat yang disebutkan namanya dalam Alquran. Kemajuan masjid ini tidak lepas dari pengaruh kemajuan penguasa-penguasa Islam.

3. Masjid Al-Aqsa, Palestina

Setelah dari Arab Saudi kita bergeser ke Palestina atau tepatnya di wilayah kota lama Yerusalem. Di daerah ini ada sebuah masjid agung yang menjadi tempat atau situs suci ketiga bagi umat Islam setelah Masjid Al-Haram dan Masjid Nabawi. Hal ini dikarenakan Masjid yang bisa menampung jamaah hingga 5.000 orang di dalam ruangan ini diyakini sebagai tempat terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW. Peristiwa Isra’ Mi’raj sendiri adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dan dari Masjidil Aqsa ke ke Sidratul Muntaha. Di dalam komplek masjid ini sendiri terdapat Kubah Batu yang juga disebut sebagai al-Haram ash-Sharif atau “Suci Noble Sanctuary”.

Baca Juga  9 Bentuk Kue Paling Nyeleneh,Bikin Selera Makanmu Hilang!

Situs ini sering juga dikenal sebagai Temple Mount, situs paling suci dalam Yudaisme, tempat di mana Bait Suci Pertama dan Kedua yang berlaku umum untuk memiliki berdiri. Dalam kisah lainnya juga diceritakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah memimpin doa pada masjid ini sampai bulan ke tujuh belas setelah emigrasi, ketika Tuhan memerintahkan dia untuk mengubah arah Ka’bah.

4. Masjid Imam Reza, Iran

Iran juga memiliki masjid yang besar dan indah. Terletak di wilayah Mashhad, Iran terdapat sebuah Masjid Imam Reza. Dinamakan Masjid Imam Reza karena di dalam masjid ini terdapat sebuah kompleks yang berisi makam Imam Reza, Imam Syiah Imamiyah ke delapan. Dari segi dimensi dan kapasitas masjid ini memang menjadi salah satu masjid yang terbesar di dunia. Bagaimana tidak, dengan total luas area yang mencapai 598.657 meter persegi (6.443.890 kaki), dengan rincian area dalam masjid 267.079 meter persegi serta tujuh halaman yang mengelilingi itu mencakup area seluas 331.578 meter persegi. Dalam komplek masjid ini sendiri terdapat beberapa ruang yaitu Masjid Goharshad, museum, perpustakaan, empat seminari, makam, Universitas Ilmu Islam Razavi, sebuah ruang makan untuk peziarah, ruang doa yang luas, dan bangunan lainnya. Dengan megahnya bangunan masjid ini maka tak ayal bila kompleks masjid ini sering dijadikan pusat pariwisata di Iran.

5. Masjid Faisal, Pakistan

Masjid Faisa adalah masjid terbesar di Pakistan. Berada di kaki bukit Margalla di Islamabad, desainnya terinspirasi dari tenda Suku Badui dipadu-padankan dengan garis-garis kontemporer. Masjid ini menjadi daya tarik wisata utama di Pakistan dan dianggap sebagai karya kontemporer dan berpengaruh dari arsitektur Islam.

Pembangunan Masjid Faisal dimulai pada 1976, menghabiskan biaya sebesar $120 dari bantuan Raja Faisal dari Arab Saudi, yang namanya sekaligus disandangkan untuk masjid. Desainnya dirancang oleh arsitek Turki Vedat Dalokay hasil sayembara internasional. Tanpa ciri khas kubah, masjid ini mengadopsi bentuk tenda Suku Badui, dikelilingi oleh empat menara setinggi 79 meter. Ruang salatnya berupa bangunan berbentuk empat sisi atap segitiga yang dapat menampung 100.000 jemaah, sementara jika dihitung hingga area halaman dapat menampung hingga 200.000 lebih.

Baca Juga  9 Satelit Alami Mengagumkan Yang Mengorbit Di Tata Surya Kita

Berada di atas ketinggian, bangunan Masjid Faisal menghiasi pemandangan langit Islamabad. Lokasinya terletak di sebelah utara kota dengan latar belakang bukit Margalla, yang merupakan kaki paling selatan Pegunungan Himalaya. Selain tercatat sebagai masjid terbesar di Pakistan.

6. Masjid Badshahi, Lahore, Pakistan

Masjid Badshahi merupakan masjid dan sebagai landmark serta tujuan wisata utama kota Lahore.Masjid Badshahi berkapasitas 5000 jemaah di ruang sholat utamanya dan 95.000 jemaah di halaman tengah serta portiko, menjadikannya sebagai masjid tebesar di dunia dari tahun 1673 hingga 1986 (atau selama 313 tahun). Daya tampung masjid ini dikalahkan oleh Masjid Faisal di Islamabad (Ibu kota Pakistan) yang dibangun belakangan. Saat ini masjid dengan daya tampung terbesar adalah Masjidil Haram di Mekah Al-Mukarromah dan Masjid Nabawi di Madinah Al-Munawaroh di Saudi Arabia.

Masjid berukuran begitu besar ini, memiliki empat menara di empat penjuru luar masjid masing masing setinggi 53.75m ditambah lagi empat menara di empat penjuru bangunan utama masjid dan halaman tengah seluas 253.899,9m2. Sekedar untuk perbandingan, tinggi menara masjid ini lebih tinggi 4.2 meter dibandingkan dengan menara Taj Majal, dan halaman tengah masjid ini sama luasnya dengan keseluruhan luas Taj Mahal.

Tahun 1993 yang lalu pemerintah Pakistan merekomendasikan Masjid Badshahi untuk dimasukkan ke dalam daftar warisan dunia UNESCO, dan sudah dimasukkan ke dalam daftar sementara dari kemungkinan nominasi masuk ke dalam daftar warisan dunia UNESCO

7. Masjid Hassan II, Maroko

Masjid Hassan II dibangun pada tahun 1986-1993 untuk memperingati ulang tahun mendiang Raja Maroko Hassan II. Masjid Hassan II dibangun menjorok ke samudra Atlantik membuatnya terlihat seakan akan berada di tengah laut layaknya sebuah masjid yang benar benar terapung. Tak salah bila kemudian masjid ini mendapat julukan sebagai masjid terapung terbesar di dunia. Masjid megah ini kini menjadi penanda kota Casablanca.

Baca Juga  9 Negara Pemilik Senjata Nuklir, Siapa Terbanyak?

Teknologi tinggi di aplikasikan di masjid megah ini dengan memanfaatkan teknologi cahaya laser untuk pencahayaan dan memberikan keindahan tersendiri dimalam hari, penggunaan pemanas lantai untuk mengontrol temperatur ruangan masjid melalui lantainya ketika suhu dingin, penggunaan pintu elektrik, rancangan atap yang bisa di buka tutup dengan teknologi mutakhir dan beberapa bagian lantai masjid menggunakan kaca tebal sehingga memungkinkan jemaah melihat samudera Atlantik yang menyapu bebatuan di bawah masjid. Selain itu masjid ini juga secara keseluruhan berukuran sangat besar dengan dekorasi interior ruang sholat yang mengagumkan, dengan ukiran tangan para pengukir yang memang profesional di bidangnya ditambah dengan dekorasi hasil cetakan semen. Sebuah tim besar para maestro pengukir di pekerjakan khusus menangani proyek pembangunan masjid ini.

8. Masjid Istiqlal, Indonesia

Negara kita Indonesia juga memiliki sebuah masjid yang patut dibanggakan. Masjid ini memiliki menara yang tinggi dan indah serta menjadi masjid terbesar se-Asia Tenggara. Masjid yang bernama Masjid Istiqlal ini berlokasi di kota Jakarta dan dibangun untuk memperingati kemerdekaan Indonesia. Nama Istiqlal sendiri berasal dari bahasa Arab yang berarti “Kemerdekaan”. Masjid yang mampu menampung hingga lebih dari dua ratus ribu jamaah ini mulai dibuka untuk umum pada 22 Februari 1978.

9. Masjid-i Jahan-Numa, India

Meski memiliki sejarah lahirnya agama Hindu, namun di India jumlah umat muslim terbilang cukup banyak. Dari sini maka muncul beberapa masjid yang besar dan indah. Salah satu mesjid yang besar dan indah di India tersebut adalah masjid i-Jahan-Numa. Berlokasi di kota Delhi, masjid ini bisa menampung jamaah hingga dua puluh lima ribu jamaah. Masjid ini sendiri dibangun pada masa pemerintahan kaisar Mughal Shah Jahan dari tahun 1650 dan selesai pada 1656. Menariknya masjid ini memiliki beberapa peninggalan dalam lemari di gerbang utara, termasuk salinan antik dari Al-Qur’an yang ditulis pada kulit rusa.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top