Connect with us

Ini Untuk Kalian Yang Tersiksa Sama Pilek! 9 Cara Mudah Dan Alami Untuk Menyembuhkan Pilek

Lainnya

Ini Untuk Kalian Yang Tersiksa Sama Pilek! 9 Cara Mudah Dan Alami Untuk Menyembuhkan Pilek

Seperti yang kalian ketahui, jika kita sedang sakit pilek pasti rasanya sangat mengganggu. Seperti lendir di hidung terus keluar tidak ada habisnya dan terkadang hidung kita jadi mampet. Kalau sudah seperti itu mau melakukan sesuatu saja jadi ribet banget dan merasa tidak nyaman. Apalagi kalau anak kecil yang pilek pasti para orang tua sudah kebingungan karena anaknya terus menangis. Itu terjadi karena memang pilek itu sangat tidak nyaman. Tapi tenang saja, kali ini kami akan membahas mengenai 9 Cara mudah dan alami untuk menyembuhkan pilek, terutama untuk anak – anak menurut Dunia9.My.Id.

1. Berikan probiotik

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan memberikan probiotik kepada anak. Probiotik terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Berdasarkan hasil penelitian, jika anak pilek yang berusia 12 bulan hingga 12 tahun mengkonsumsi probiotik akan lebih cepat sembuh daripada yang tidak.

Probiotik dapat anda temukan pada yogurt atau minuman yang mengandung Lactobacillus. Minuman seperti ini biasanya dapat anda temui di pasar swalayan atau toko kelontong.

2. Menghirup uap air

Sangat mudah kan? Cara ini benar – benar mempan loh. Hanya dengan menghirup uap air dari air panas dapat melancarkan hidung yang tersumbat. Caranya, tuangkan air panas ke dalam mangkuk atau baskom. Dudukkan anak di depan baskom itu, lalu kerudungi ia dengan handuk basah. Lakukan penguapan ini selama 15 menit.

Baca Juga  9 Tokoh Panitia Sembilan dan Piagam Jakarta !!

Tapi ingat Hati-hati, jangan sampai anak menyentuh baskom atau memasukkan tangannya dalam air panas. Anda juga bisa mencampurkan minyak kayu putih atau balsem pelega pernafasan dalam air panas.

3. Berikan vitamin C

Cara yang ketiga adalah dengan cara memberikan sang anak vitamin C. vitamin C memang tidak bisa menyembuhkan pilek, tapi itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Penderita akan lebih cepat sembuh jika mengkonsumsi vitamin C beberapa saat setelah munculnya gejala pilek.

Untuk anak berusia 5 tahun, dosis vitamin C yang dianjurkan adalah 45 mg. Batita dan bayi tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin C, kecuali jika dianjurkan oleh dokter.

Vitamin C yang terkandung dalam sayur dan buah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini pada anak di bawah 5 tahun. Anda dapat menemukannya di beberapa jenis sayur dan buah seperti pisang, pepaya, jeruk, bayam, ubi jalar, tomat dan brokoli.

4. Memberikan madu

Cara Selanjutnya dapat dengan memberikan madu. Caranya adalah dengan mencampurkan ½-1 sendok teh madu dengan air hangat. Bisa juga ditambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, lalu minumkan. Tapi ingat untuk tidak memberikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan.

Baca Juga  9 Penampakan Bumi pada Masa Lampau, Terlihat Seperti Planet Alien?
Baca Juga : 9 Pemain Sepak Bola Terkaya Di Dunia. Adakah Yang Kalian Idolakan?

5. Perbanyak cairan

Memperbanyak cairan pada anak yang sedang pilek akan dapat mengatasi hidung yang mampet. Berikan air putih, bisa juga air jeruk nipis hangat yang dicampur sedikit madu. Jangan memberikan minuman yang bersoda atau kopi. Minuman jenis ini bisa membuat anak lebih sering buang air kecil, akibatnya anak bisa kekurangan cairan.

6. Banyak istirahat dan tidur

Cara selanjutnya yang dapat kalian lakukan adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur bisa dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan tubuh baik pada orang dewasa maupun pada anak-anak. Jangan ragu meliburkan malaikat kecil kalian dari sekolah, agar ia bisa beristirahat total. Lagipula, jika anak pilek dibiarkan bersekolah itu dapat menyebarkan virus pada teman-temannya.

7. Mandi air hangat

Nah cara yang satu ini sangat simpel kok. Hanya dengan mandi menggunakan air hangat dapat meredakan pilek yang diderita sang anak. Mandi air hangat juga dapat mengurangi pegal-pegal pada tubuh yang membuat anak merasa tidak nyaman.

Baca Juga  9 Penyakit Penyebab Kematian Terbanyak di Indonesia

8. Makan sup ayam hangat

Berdasarkan info yang didapat dari penelitian bahwa sup ayam mengandung sistein, sejenis asam amino yang dapat mengurangi lendir. Ada juga penelitian yang menemukan sup ayam membantu tubuh mengontrol netrofil, sel penyebab hidung tersumbat.

Menurut Debra Fulghum Bruce PhD, sup ayam mengandung merica, bawang putih dan bahan-bahan lain yang bisa mengurangi lendir dalam hidung, tenggorokan dan paru-paru penderita pilek.

9. Air garam

Dan cara yang terakhir adalah dengan menggunakan air garam. Sebagian orang memercayai bahwa air garam mampu meredakan pilek pada anak dan orang dewasa. Dengan cara melarutkan ¼-½ sendok teh garam dalam 236 ml air hangat. Kemudian teteskan ke lubang hidung anak dengan bantuan pipet. Cara mengatasi pilek ini tidak cocok untuk anak kurang dari 4 tahun.

Sumber : https://id.theasianparent.com/10-cara-mengatasi-pilek

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top