Connect with us

Inilah 9 Benda Termahal Yang Ada Di Dunia

Lainnya

Inilah 9 Benda Termahal Yang Ada Di Dunia

Dunia9.My.IdSelama ini mungkin kita menganggap bahwa benda paling mahal di dunia ini adalah emas atau berlian. Memang, keduanya termasuk benda yang mahal tapi rupanya ada lagi yang lebih mahal.

Berikut 9 Benda Termahal Yang Ada Di Dunia :

1. Platinum

Platinum merupakan logam berharga yang sangat langka seperti halnya logam berharga lainnya. Seperti emas, platinum juga sangat tahan terhadap asam, alkali dan senyawa lainnya. Setiap tahunnya hanya beberapa ratus ton platinum yang diproduksi di berbagai negara. Inilah yang menjadikan harga Platinum sangat tinggi, harga dari Platinum adalah USD60 atau Rp789 ribu/gram.

2. Rhodium

 

Rhodium adalah sejenis logam langka yang berwarna perak berkilau dan hanya dijumpai di beberapa tempat. Lapisan rhodium digunakan untuk membuat perhiasan perak ataupun emas putih supaya lebih berkilau dan cerah. Rhodium juga termasuk logam tahan terhadap korosi atau karat bahkan tahan terhadap cuaca ekstrim, harga dari Rhodium adalah USD58 atau Rp762 ribu/gram.

3. Painite

Painite adalah mineral borat yang sangat langka. Ini pertama kali ditemukan di Myanmar oleh ahli mineral dan pedagang permata Inggris Arthur C.D. Rasa sakit yang salah mengartikannya sebagai safir, sampai ditemukan sebagai batu permata baru pada 1950-an.

Baca Juga  9 buku inspirasional yang akan mengembalikan semangat hidup.

Batu ini sangat langka dan sangat sedikit orang yang tahu kalau Painite itu ada. Painite adalah sejenis mineral yang sangat langka karena hanya ditemukan 65 tahun lalu. Saat ini hanya ada beberapa ratus batu ini di dunia. Harga dari batu ini adalah USD9.000 atau Rp118 juta/gram.

4. Plutonium

Plutonium merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam aktinida dengan penampilan berwarna putih keperakan. Penggunaannya bervariasi mulai dari produksi senjata nuklir dan bahan bakar untuk sumber panas pada generator termolistrik radioisoto, Harga USD4.000 atau Rp52 juta/gram.

5. Taaffeite

Taaffeite adalah mineral, dinamai menurut penemunya Richard Taaffe yang menemukan sampel pertama, permata yang dipotong dan dipoles, pada Oktober 1945 di toko perhiasan di Dublin, Irlandia. Dengan demikian, itu adalah satu-satunya batu permata yang awalnya diidentifikasi dari batu faceted.

Batu permata ini satu juta kali lebih langka dari berlian. Jumlah taaffeite yang pernah ditemukan hanya sejumlah setengah dari cangkir, Harga batu ini USD20.000 atau Rp263 juta/gram.

6. Tritium

Tritium merupakan hasil sampingan dari operasi reaktor nuklir. Kegunaan tritium biasanya untuk bidang biologi dan nuklir namun bisa sangat mengancam kesehatan warga di sekitar reaktor tersebut. Uniknya, zat berbahaya ini bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu “abadi”.

Baca Juga  9 Fakta menarik tentang Raden Ayu Kartini

Tritium adalah salah satu isotop radioaktif dari hidrogen dan merupakan salah satu daripada tiga bentuk isotop hidrogen yang terdiri daripada protium, deuterium, dan tritium, Harga USD30.000 atau Rp394 juta/gram.

7. Berlian

Berlian adalah benda berharga mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya yang bisa mencapai skala kekerasan Mohs tingkat tertinggi dan kemampuannya mendispersikan cahaya.

Batu paling terkenal yang berharga di Bumi dan sahabat dari wanita manapun. Proses cutting berlian yang sangat rumit dan membutuhkan ketelitian tingkat tinggi akhirnya berdampak pada harganya yang bisa menembus USD55.000 (Rp723 juta) per gram.

8. Antimateri

Antimateri adalah materi yang terdiri dari antipartikel dari partikel yang menyusun materi biasa. Bila sebuah partikel dan antipartikelnya menyentuh satu sama lain, keduanya saling memusnahkan, artinya keduanya diubah menjadi partikel-partikel lain dengan energi yang sama menurut persamaan Einstein E=mc².

Anti-materi adalah kumpulan partikel yang mempunyai muatan dan struktur yang berlawanan dengan seluruh partikel yang ada di bumi. Zat super langka ini hanya bisa dibuat dengan cara menembakkan partikel ke sebuah logam dalam lorong yang panjangnya bisa bermil-mil, harga USD62,5 triliun atau Rp8.200 triliun/gram.

Baca Juga  9 Perang Besar Paling Legendaris Yang Jarang Diketahui Orang

9. Californium

Kalifornium adalah unsur kimia dalam sistem periodik unsur yang memiliki lambang Cf dan nomor atom 98. Atom ini dinamakan berdasarkan universitas dan negara bagian Kalifornia.

Unsur kimia paling mahal yang pernah disintesis hanya sekali sejak penemuannya pada tahun 1950. Californium 252 adalah salah satu zat radioaktif yang sering digunakan untuk menghasilkan radiasi gamma. Dalam bidang militer, Californimum 252 biasanya dimanfaatkan untuk alat pendeteksi bahan peledak, ranjau, hingga peluru meriam yang belum sempat meledak. Kegunaan lain dari radiasi gamma Californium 252 adalah sebagai reaktor nuklir, Harga USD27 juta atau Rp355 miliar/gram.

Demikian 9 Benda Termahal Yang Ada Di Dunia

Semoga Bemanfaat………..

Sumber Berita : https://www.brilio.net/wow/bukan-emas-inilah-16-benda-paling-mahal-sedunia-160701z-splitnews-1.html#

Sumber Berita : https://id.wikipedia.org/wiki

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top