Connect with us

Inilah 9 Fakta Menarik tentang Android yang Gak Banyak Orang Tahu

Android

Inilah 9 Fakta Menarik tentang Android yang Gak Banyak Orang Tahu

Apakah kamu salah satu pengguna Android? Tahukah kamu bahwa tanggal 23 September lalu Android genap berusia 10 tahun? Selamat ulang tahun, Android!Nah, di momen ulang tahunnya yang ke-10 ini, ada 10 fakta menarik tentang Android yang tidak diketahui banyak orang lho. Selamat menyimak!

1. Tujuan awal Android bukan untuk digunakan di smartphone atau tablet

Tujuan awal Android Inc. dibuat bukan untuk digunakan di smartphone atau tablet, namun kamera digital. Hal ini pula yang menjadi bahan jualan mereka ke para investor pada April 2004.

Lima bulan kemudian Android Inc. merasa bahwa pasarnya kurang cukup besar mewadahi ambisi mereka. Android Inc. pun mengalihkan fokusnya.

2. Google membeli perusahaan Android pada tahun 2005

Andy Rubin dan rekan-rekannya adalah sosok sang menciptakan Android. Tahun 2005, Google membeli perusahaan tersebut. Jadi jelas ya bahwa Google ternyata tidak menciptakan Android sendiri.

3. Di tahun 2004 Samsung menolak penawaran Android

Sebelum dibeli oleh Google, Andy Rubin pernah menawari Samsung untuk membeli perusahaannya di 2004 namun Samsung menolak. Ketika itu Samsung merasa Android tidak berpotensi.

Baca Juga  9 Fakta Menarik Mengenai Google, Yang Ga Semua Orang Tahu

4. Nokia tidak merasa terancam dengan kehadiran Android pada 2007

Tahun 2007 adalah pertama kali Android diperkenalkan. Saat itu eksekutif Nokia mengatakan bahwa mereka tidak melihatnya sebagai sebuah ancaman.

5. Sistem operasi berbasis Linux

Perangkat komersial pertama berbasis OS yang resmi rilis pada tahun 2008 ini diciptakan berbasis sistem operasi open source Linux, sistem operasi dengan faktor keamanan dan kestabilan yang tinggi dibandingkan dengan sistem operasi lainnya.

6. Nama-nama versinya berasal dari nama-nama makanan manis

Versi-versi Android diberi nama-nama makanan manis atau pencuci mulut, kecuali Android 1.0 dan 1.1.

7. Nama-nama versinya sesuai urutan abjad

Versi-versi Android dinamai sesuai urutan abjad mulai dari yang terkecil, yaitu Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat, Oreo dan Pie. Kira-kira selanjutnya apa ya?

8. Patung tiap versi dipajang di salah satu sudut kantor Google

Setiap versi Android yang dikeluarkan, dibuatkan patungnya dan dipajang di salah satu sudut kantor Google di Mountain View.

Baca Juga  9 Aplikasi ramalan menurut tanggal lahir di Android

Baca Juga : Ini 9 Negara yang Melakukan Pembatasan Internet, Apakah Efektif?

9. Microsoft mendapat bagiannya untuk setiap Android yang terjual

Setiap smartphone Android yang dijual, Microsoft mendapatkan US$ 5 (atau sekitar Rp72 ribu) sampai US$ 15 (atau sekitar Rp216 ribu). Hal ini dikarenakan mereka memiliki paten software di OS ini.

Itu tadi 10 fakta tentang Android. Hingga saat ini, Android Pie (versi 9.0) menjadi versi terbaru yang dirilis Google 7 Maret 2018 lalu dan Android masih jadi smartphone terpopuler di dunia.

sumber : https://www.idntimes.com/tech/gadget/patricia-firscha/9-fakta-unik-tentang-android-yang-jarang-diketahui-orang/full

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Android

To Top