Connect with us

Kalian Harus Tau, 9 Misteri Yang Belum Terpecahkan Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Lainnya

Kalian Harus Tau, 9 Misteri Yang Belum Terpecahkan Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Misteri memang selalu menjadi topik pembicaraan yang seru untuk diperbincangkan. Di Indonesia sendiri hingga saat ini masih terdapat banyak misteri yang sulit untuk dipecahkan dan dicari kebenarannya sehingga terus menjadi incaran dari sejumlah pihak tertentu. Berikut adalah rangkuman 9 Misteri  Yang Belum Terpecahkan Dalam Sejarah Bangsa Indonesia.

1. Candi Borobudur Yang Pernah Hilang

Borobudur pernah hilang dari dunia ini pada tahun 1006 Masehi. Saat itu, terjadi letusan Gunung Merapi dan letusannya ini menyebabkan Candi Borobudur tertimbun abu vulkanik dan lava. Setelah itu, keberadaan candi ini hilang dari peradaban selama berabad-abad. Candi ini terpendam dan tak terlihat oleh kasat mata. Banyak pohon dan semak belukar yang menutupinya sehingga menyerupai bukit.

Pada tahun 1814, Thomas Stanford Raffles diberitahu bahwa ada sebuah candi besar di dalam hutan dekat desa Bumisegara. Saat itu dia tidak bisa datang karena suatu keperluan, maka dari itu dia mengutus H.C Cornelius untuk menyelidiki candi tersebut. Karena saat pembersihan Candi Borobudur di masa Cornelius masih belum tergali semua, Hartmann, seorang pejabat pemerintah Hindia – Belanda meneruskan kerja Cornelius dan akhirnya seluruh bagian candi berhasil terlihat semua. Ini terjadi sekitar tahun 1835.

2. Oerang Boentoet

Seorang berkebangsaan Norwegia bernama Carl Alfred Bock menjelajahi pulau Borneo atau Kalimantan pada tahun 1879. Saat sedang menikmati jamuan makan, dia mendengar berita tentang keberadaan manusia berekor atau “Orang Boentoet” di pulau Kalimantan.

Seketika dia pun teringat tentang kalimat yang disuarakan oleh Charles Darwin yaitu “tautan kerabat yang hilang”. Dengan mengajak seseorang yang dipercaya pernah melihat dan tahu persis tentang keberadaan Orang Boentoet, dia pun mulai menyelidiki keberadaan manusia berekor dari Kalimantan ini.

Baca Juga  9 Bahan Alami Yang Manfaatnya Sama Loh Seperti Antibiotik

Namun, usahanya tersebut sepertinya sia-sia, medan yang berat membuat Carl menyerah dan Orang Boentoet pun tidak pernah ditemukan. Menurut penuturan penduduk lokal, hanya orang beruntung saja yang dapat melihat keberadaan manusia unik ini, mereka tinggal jauh di dalam hutan dan keluar pada saat-saat tertentu saja. Hingga sekarang keberadaan dari Orang Boentoet, manusia berekeor dari Kalimantan kebenarannya tetap menjadi sebuah misteri yang belum terpecahkan.

3. SS Ourang Medan

SS Ourang medan yang menjadi mitos mencekam di dunia perairan. Disebutkan pada juni 1947 kapal ini mulau mengarungi perairan malaka dan mulai mengirim sinyal – sinyal aneh ke beberapa kapal di daerah sumatera. Dalam pesan yang dikirimkan ke beberapa kapal, seseorang terdengar berusaha untuk meminta bantuan.

Terdengar suara seseorang yang mengatakan jika semua petugas mati termasuk kapten mereka dan kemungkinan semua kru juga sudah mati termasuk juga aku. itulah pesan terakhir yang didengar dari pesan itu. Kemudian sebuah kapal amerika silver star pun memutuskan untuk memeriksanya, mereka menemukan semua orang di kapal sudah dalam keadaan tidak bernyawa dan tangan mereka tampak ingin meraih sesuatu.

Bahkan ketika kapal itu dibawa kembali ke pelabuhan terdekat mereka menemukan jika bagian terbawah dari kapal itu telah terbakar. Para kru kapal silver star pun segera mematikannya sebelum seluruh kapal itu meledak. Sampai saat ini tidak ada satupun yang tau apa sebenarnya yang terjadi.

 

4. Suku Lingon

Berikutnya adalah misteri suku lingon, manusia bermata biru dari hutan rimba Indonesia. Suku Lingon adalah sebuah suku yang tinggal di sekitar kepulauan halmahera bagian selatan. Mereka mendiami hutan belantara dan kadang–kadang keluar untuk mencari makan, mereka memiliki tubuh yang besar, tinggi, putih dan mata yang biru.Dilihat dari ciri fisik ,mereka bukan dari ras–ras yang ada di indonesia melainkan dari eropa. Suku ini diperkirakan dari bangsa eropa yang kapalnya karam di pesisir halmahera. Namun dugaan ini masih misteri apalagi saat ini suku lingon telah punah didaerah Halmahera.

Baca Juga  9 Tempat Rahasia yang Tidak Bisa Dikunjungi Sembarang Orang

5. Piramida Sadahurip Di Garut

Sebuah piramida ditemukan di wilayah Indonesia tepatnya di Garut Jawa Barat. Orang-orang menyebutnya gunung Sadahurip, yang saat ini telah ditumbuhi banyak tanaman. Piramida ini awalnya dianggap gunung atau bukit biasa oleh penduduk setempat namun jika dilihat secara detail, bentuknya mirip limas yang merupakan ciri khas piramida.Tempat ini dijadikan salah satu tempat wisata di Garut.

Peneliti masih melakukan pemetaan piramida ini, dugaan sementara menyebutkan jika piramida ini benar-benar buatan manusia. Bahkan usianya melebihi piramida giza di Mesir yang terkenal sangat megah. Hingga saat ini piramida ini belum jelas asal-usulnya serta bangsa apa yang membangunnya. Gunung mirip piramida di garut ini menjadi salah satu wujud adanya misteri masa lalu di Indonesia yang belum terpecahkan hingga jaman modern ini.

Baca juga : 9 Permainan Yang Dipercaya Dapat Memanggil Hantu

6. Situs Megalitikum Gunung Padang

Selanjutnya adalah misteri gunung padang yang lokasinya berada di kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tempat ini merupakan situs megalitikum yang paling besar diIindonesia bahkan asia tenggara. Situs ini memiliki luas wilayah 20 kali wilayah candi Borobudur dan ketinggian mencapai 220 Meter. Hingga saat ini para arkeolog masih ingin menggali dan ingin menemukan fakta siapa saja orang dibalik pembuatan situs ini dan berasal dari era mana.

Baca Juga  BUKAN MITOS, 9 ORGANISASI RAHASIA INI BENERAN AKTIF DAN ADA LOH!

Sejauh ini banyak peneliti yang meyakini jika usia dari situs gunung padang ini lebih tua dari candi Borobudur dan seangkatan dengan piramida mesir.

7. Hilangnya 13 Aktivis Jelang Reformasi

Menjelang Reformasi di tahun 1998 ada sekitar 13 orang aktivis yang diculik paksa oleh militer dan hingga kini keberadaan mereka masih menjadi misteri, jika mereka sudah meninggal dimanakah mereka dikuburkan dan alasan apa yang menyebabkan sehingga militer menculik ke-13 orang aktivis ini. Kopassus, TNI dan Tim Mawar dianggap bertanggung jawab atas kasus ini.

8. Penembak Misterius (Petrus)

Penembak Misterius atau disebut dengan istilah “Petrus” diyakini sebagai operasi rahasia pada masa pemerintahan Orde Baru. Ratusan orang sudah menjadi korban dari Petrus ini mulai dari tahun 1982-1985. Para korban merupakan para pelaku kejahatan di kota-kota besar.

Hingga saat ini pelaku dari Petrus ini tidak pernah terungkap begitu jug dengan dalang dibalik petrus itu sendiri.

9. Kasus Pembunuhan Munir

Munir adalah aktivis HAM yang meninggal dalam penerbangan Garuda Indonesia dari Jakarta menuju Belanda. Beliau berangkat karena ingin melanjutkan studi S2 di Utrecht University. Setelah dilakukannya otopsi, ditemukan kandungan racun dalam lambung dan darahnya. Hingga kini kasus pembunuhan Munir tidak terungkap meskipun sudah terdapat beberapa tersangka.

Sumber :

http://www.tentik.com/10-misteri-yang-belum-terpecahkan-dalam-sejarah-indonesia/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top