Connect with us

Kalian Harus Tau, 9 Suku Primitif Yang Masih Mampu Bertahan Hidup Di Dunia Modern Ini

Budaya

Kalian Harus Tau, 9 Suku Primitif Yang Masih Mampu Bertahan Hidup Di Dunia Modern Ini

 

Ditengah kepadatan perkotaan yang ditambah lagi perkembangan zaman saat ini, mungkin tanpa kita sendiri sadari ternyata terdapat suku-suku primitif yang hampir tidak tersentuh oleh peradaban dunia ini, masih bertahan hidup dan bersembunyi dari keramaian dunia luar bahkan sampai hampir dilupakan oleh manusia-manusia saat ini.

Berikut adalah 9 Suku Primitif Di Dunia Yang Masih Mampu bertahan hidup Di Dunia Modern Ini.

1. Suku Sentinel

Sentinel adalah salah satu dari penduduk asli Kepulauan Andaman yang terletak di Teluk Benggala diantara India dan Thailand. Mereka menghuni Pulau Sentinel Utara. Bangsa ini merupakan bangsa yang terpencil dan sepenuhnya bebas dari pengaruh luar. Diperkirakan jumlah suku ini ada sekitar 250 jiwa.

2. Suku Mursi

Suku Mursi atau Mun adalah kelompok etnis pastoralis Nilotik di Etiopia. Kebanyakan dari mereka tinggal di Zona Debub Omo di dekat perbatasan dengan Sudan Selatan. Menurut hasil sensus tahun 2007, terdapat 7.500 orang Mursi yang tinggal disana.

Wilayah suku Mursi dikelilingi oleh pegunungan yang terletak di antara Sungai Omo dan anak sungainya, Mago. Wilayah mereka merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Etiopia.

Baca Juga  9 Kebudayaan Jepang Yang Unik Dan Menarik

Suku ini memiliki keunikan dimana setiap wanitanya memakai benda berbentuk piringan di bibir mereka, tradisi ini dilakukan untuk tanda kehormatan para perempuan yan sudah layak menikah.

3. Suku Samburu

Suku Samburu adalah suku yang berdiam di perkampungan kecil di daerah Kenya Utara. Suku ini mempunyai tradisi yang disebut “Beading” yaitu proses pengalugan kalung ke anak perempuan di suku Samburu, kalung yang dipasangkan berbentuk anyaman manik-manik yang biasanya berwarna merah dan akan dipakai pada saat anak perempuan berusia 6 tahun keatas. Tradisi ini dimaksudkan untuk bahwa sejak pengalungan tersebut anak perempuan ini sudah menjadi milik pria yang memberi kalung.

4. Suku San

Suku San (atau Saan), juga dikenal dengan istilah Bushmen atau Basarwa, adalah penduduk asli di Afrika bagian selatan. Kebanyakan anggota suku ini bermatapencaharian sebagai pemburu-pengumpul.

Nenek moyang suku San dianggap sebagai penduduk pertama wilayah Botswana. Secara historis, keberadaan mereka tampak jelas di Perbukitan Tsodilo di Botswana utara. Di wilayah ini, alat-alat dari batu dan seni di batu berasal dari masa ribuan tahun yang lalu. Suku San memiliki tradisi semi-nomaden. Dari tahun 1950-an hingga 1990-an, beberapa orang San menjadi petani karena mengikuti program modernisasi pemerintah.

Baca Juga  9 Bangunan Megah Yang Dibangun Atas Dasar Cinta. Ada Yang Mau Jalan - Jalan Kesana?

Baca juga : 9 Seni Bela Diri Paling Mematikan

5. Suku Nanti

Suku Nanti merupakan suku primitif yang berasal dari Peru, walaupun suku ini terbilang hampir punah karena penyakit, mereka tetap tidak mau berhubungan dengan dunia luar. Katanya mereka berbicara dengan Bahasa mereka sendiri, tidak menggunakan Bahasa spanyol ataupun inggris.

6. Suku Ruc

Pegunungan yang sejak puluhan juta tahun yang dikira tidak berpenghuni ternyata menutupi Suku Ruc yang tinggal diantara pepohonan lebat di wilayah hutan Amazon. Suku ini memanfaatkan gua gua di dalam hutan dan berburu untuk makan.

 

 

 

7. Suku Yanomami

Suku Yanogami adalah suku pribumi yang menghuni Brazil yang diistimewakan dan diberikan wilayah khusus oleh pemerintah Brazil. namun meskipun begitu tidak jarang dari mereka yang masih berkeliaran didaerah lama mereka dan tidak jarang juga mengalami pertikaian dengan para pendatang.

8. Suku Korubo

Berburu dan berperang menggunakan sumpit beracun yang merupakan senjata Utama mereka, Para pria dan wanita dari suku korubo biasa mengecat tubuh mereka dengan warna merah yang dihasilkan oleh tanaman roucou.

Baca Juga  9 Peninggalan Sejarah Kerajaan Aceh

9. Suku Carabayo

Suku yang berjumlah kurang lebih 1590 orang ini hanya memiliki 3 rumah dengan ukuran yang besar untuk mereka semua tinggali. Jadi tidak ada banyak rumah yang dimiliki oleh suku ini.

Sumber :

http://www.tentik.com/10-suku-primitif-di-dunia-yang-masih-mampu-bertahan-hidup/

https://id.wikipedia.org/wiki/Halaman_Utama

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top