Connect with us

Kamu Harus Bangga! 9 Fakta Unik Mengenai Bahasa Indonesia Di Mata Dunia

Budaya

Kamu Harus Bangga! 9 Fakta Unik Mengenai Bahasa Indonesia Di Mata Dunia

Kamu Harus Bangga! 9 Fakta Unik Mengenai Bahasa Indonesia Di Mata Dunia

Dunia9.My.Id – Mungkin saat ini banyak dari masyarakat Imilih untuk Indonesia lebih memilih untuk belajar bahasa asing ketimbang bahasanya sendiri yaitu Bahasa Indonesia. Bahkan dari seluruh pelajaran bahasa di setiap sekolah, Bahasa Indonesia memiliki sedikit peminat ketimbang Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Korea yang notabenenya adalah bahasa asing. Tetapi taukah kamu? Bahwa Bahasa Indonesia dimata dunia sangat berbeda dan bahkan banyak orang luar negeri rela untuk belajar Bahasa kita di negara kita ini. Berikut Dunia9.My.Id akan merangkum 9 Fakta Unik Mengenai Bahasa Indonesia Di Mata Dunia.

1. Bahasa Indonesia dijadikan bahasa resmi kedua di Vietnam

Pada bulan Desember 2007 lalu, Pemerintah Daerah Ho Chi Minh City menetapkan Bahasa Indonesia sebagai bahasa ke-2 secara resmi. Di Vietnam, Bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Jepang, dan Prancis.
Dengan demikian Vietnam merupakan negara kedua pengguna bahasa Indonesia, setelah negara Indonesia sendiri tentunya.

2. Bahasa Indonesia merupakan urutan kedelapan dari bahasa yang terbanyak digunakan didunia

Bahasa Indonesia merupakan bahasa dengan pengguna terbanyak (ke-8) di dunia dengan total 260 juta penutur di dunia. Dan karena prestasi yang diraih oleh Bahasa kita, maka kamu patut berbangga sebagai pemilik asli dari Bahasa Indonesia.

Baca Juga  9 Tradisi Unik dari Berbagai Negara, Buat Kamu Ingin Ikut Serta!

3. Bahasa Indonesia dikirim ke luar angkasa

Pada tahun 1977,  NASA mengirimkan sebuah  piringan emas yang diberinama Piringan Emas Voyager bersama pesawat luar angkasa tanpa awak ke luar angkasa.
Isi piringan tersebut adalah 115 gambar berikut rekaman suara-suara alam, misalnya suara petir, angin, dan ombak juga suara-suara binatang. Selain itu dalam piringan tersebut juga disertai rekaman musik dan budaya dari berbagai negara dan ucapan salam dari 55 bahasa, termasuk Bahasa Indonesia.

Baca Juga : 9 Game Indie Terbaik Yang Bisa Kalian Coba

4. Bahasa Indonesia adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di WordPress

Bagi yang belum tahu, WordPress adalah sebuah aplikasi open source  populer, yang digunakan untuk mesin blog atau blog engine. Bahasa Indonesia ternyata merupakan bahasa ke-3 terbanyak yang digunakan di posting WordPress setelah Bahasa Inggris dan Bahasa Spanyol. Indonesia sendiri adalah negara dengan pertumbuhan pengguna WordPress terpesat ke-2. Terhitung sudah ada lebih dari 100.000.000 kunjungan dari 40 kota berbeda.

5. Bahasa Indonesia juga adalah bahasa ketiga yang paling banyak digunakan di Wikipedia

Menurut ensiklopedia bebas, Wikipedia Bahasa Indonesia menempati peringkat 3 se-Asia setelah Jepang dan Mandarin. Hal ini disebabkan karena kontributor asal Indonesia yang sangat banyak, juga artikelnya yang bervariatif. Sedangkan di Dunia, Wikipesia Indonesia menempati peringkat 26 dari 250 negara di Dunia.

6. Perwira Kamboja diharuskan bisa berbahasa Indonesia

Percaya atau tidak, namun fakta bahwa calon perwira Kamboja wajib bisa
berbahasa Indonesia memang benar.
Hal ini disebabkan karena rata-rata buku panduan dan taktik perang yang digunakan di Kamboja adalah buatan perwira militer Indonesia.

7. Pusat Studi Bahasa Indonesia di Mesir

Bahasa Indonesia dimata dunia sangatlah berbeda dengan pemikiran kita yang terbatas. Buktinya dengan banyaknya orang yang ingin datang dan tinggal di Indonesia dan bisa bersosialisasi seperti yang kita lakukan.

Dan salah satu negara yang terletak di Benua Afrika ini dinilai sebagai negara utama pengembang Bahasa Indonesia ialah negara Mesir.
Di Mesir, Bahasa Indonesia tidak dianggap sebagai bahasa asing, karena hingga artikel ini dibuat Mesir masih mengembangkan dan mencoba mempopulerkan Bahasa Indonesia. Sebagai contoh di Suez Canal University terdapat sebuah bangunan yang berfungsi sebagai Pusat Studi Bahasa Indonesia.

Baca Juga : 9 Makanan Di Indonesia Yang Jika Dibeli Di Luar Negeri Harganya Fantastis

Baca Juga  9 Partai Yang Lolos Parlemen, PDIP Unggul

8. Keunikan angka dalam Bahasa Indonesia

Tahukah kalian kalau setiap angka (bukan bilangan) yang mempunyai huruf awal yang sama berjumlah 10.
Sebagai contoh:
Satu ditambah Sembilan sama dengan 10 (keduanya berawalan huruf S)
Dua ditambah Delapan sama dengan 10 (keduanya berawalan huruf D)
Tiga ditambah Tujuh sama dengan 10 (Keduanya berawalah huruf T)
Empat ditambah Enam sama dengan 10 (Keduanya berawalah huruf E)
Lima ditambah Lima sama dengan 10 (Keduanya berawalah huruf L)

9. Klub-klub sepakbola Eropa yang membuat Situs berbahasa Indonesia

Beberapa Klub sepakbola di Eropa, rupanya juga membuat situs resmi berbahasa Indonesia, Klub sepakbola tersebut antara lain: Barcelona FC, Real Madrid, AC Milan, Inter Milan, Chelsea, juga Liverpool

Sumber : https://infindonesia.blogspot.com/2016/08/bahasa-indonesia.html

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top