Connect with us

Kamu Harus Tahu, 9 Budaya Indonesia yang sudah Diakui secara Resmi oleh UNESCO

Budaya

Kamu Harus Tahu, 9 Budaya Indonesia yang sudah Diakui secara Resmi oleh UNESCO

Indonesia memiliki budaya yang sangat beragam. Setiap daerah, punya budayanya masing-masing. Apabila dikumpulkan, budaya kita ini berbeda di setiap tempatnya. Inilah yang membuat kebudayaan kita ini unik. Mulai dari kebiasaan, tarian, musik, dan sebagainya.

Tahu enggak kamu, kalau beberapa budaya Indonesia yang kita miliki telah diakui secara resmi oleh UNESCO, lho. Wah, kebudayaan apa aja, nih?

1. Batik

Kamu pasti tahu kalau batik itu merupakan suatu kebanggaan negara kita. Batik pun berbagai macam jenisnya. Di zaman kini, batik diolah menjadi lebih modern sehingga anak muda pun bisa memakainya dan tetap hits. Kamu pun patut berbangga karena produk budaya asli Indonesia ini telah resmi diakui oleh UNESCO.

2. Tari Saman

Tari asal Aceh sebagai bagian dari budaya tanah air juga sudah diakui secara resmi oleh UNESCO. Gerakan tangannya yang unik, cepat, dan kompak membuat siapa pun akan terkesima melihatnya. Orang luar negeri saja sampai melongo lho kalau disajikan tarian Ini. Sobat Dunia9.My.Id bisa nari Saman gak?

Baca Juga  9 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia !!

3. Sekaten

Tradisi yang dilakukan di Yogyakarta ini biasa digelar untuk memperingati ulang tahun nabi Muhammad SAW. Masyarakat Yogya rutin melakukan gunungan dan grebeg Maulud. Nah, tradisi sekaten asli Indonesia ini juga sudah menjadi budaya yang diresmikan oleh UNESCO, lho.

4. Noken

Tas khas Papua yang unik ini juga sudah diresmikan oleh UNESCO. Tas rajutan asal Papua ini dibuat dari serat kulit kayu asli lho. Menggunakannya juga unik, Loopers. Tas yang digunakan masyarakat Papua ini dipakai di kepala untuk membawa hasil pertanian, seperti sayuran atau buah.

5. Wayang kulit

Kesenian wayang kulit juga termasuk produk budaya yang telah sah menjadi milik Indonesia lho, Loopers. Wayang kulit ini juga menarik banget untuk disaksikan di acara kebudayaan. Orang luar negeri saja tertarik sama kesenian ini. Kamu juga gak?

6. Gamelan

Alat musik khas Jawa ini juga jadi daftar budaya Indonesia yang diakui UNESCO. Biasanya gamelan bisa ditemukan ketika ada acara orkes gamelan yang biasa diadakan di Jawa, Madura, Bali, dan Lombok.

Baca Juga  9 Kebiasaan Unik Orang Indonesia Ini Bikin Bule Heran Lho!

Baca juga: 9 Benda yang Dipercaya Keramat Oleh Orang Indonesia

7. Angklung

Nah, kalau angklung ini adalah alat musik khas Jawa Barat. Alat musik unik ini terbuat dari bambu, sedangkan cara membunyikannya adalah dengan digerak-gerakkan. Mudah kan, Loopers?

8. Keris

Senjata tradisional keris juga telah diresmikan menjadi salah satu budaya dari Indonesia. Wajib kita jaga nih, Loopers. Jangan sampai deh diklaim oleh negara tetangga lagi. Nanti, malah repot urusannya.

9. Reog

Kesenian Reog Ponorogo ternyata juga telah resmi ditetapkan oleh UNESCO sebagai budaya khas Indonesia. Meskipun sudah diresmikan, tetap harus dijaga baik-baik supaya enggak diklaim pihak lain, ya.

Baca juga: 9 Motif Batik Populer dari Berbagai Daerah

Keren banget kan budaya Indonesia, Ayo sobat Dunia9.My.Id. Mari kita jaga, yuk!

Meski sudah diakui secara resmi oleh UNESCO, sebagai generasi muda kita wajib melestarikannya loh. Caranya bisa dengan mempelajarinya, membeli produk lokal Indonesia, dan membuatnya jadi viral seperti memposting di media sosial yang kamu miliki. Cara kecil seperti ini justru akan membuat kebudayaan kita itu bisa kita cintai loh, Sobat Dunia9.My.Id.

Baca Juga  9 Festival Budaya Di Indonesia Yang Unik Dan Selalu Menarik Perhatian Para Wisatawan Asing
Sumber : loop.co.id

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Budaya

To Top