Connect with us

Kamu Harus Tau! Berikut Adalah 9 Fakta Tentang Danau Toba

Lainnya

Kamu Harus Tau! Berikut Adalah 9 Fakta Tentang Danau Toba

Kamu Harus Tau! Berikut Adalah 9 Fakta Tentang Danau Toba

Danau Toba yang memiliki keindahan yang tidak bisa didapatkan pada danau lainnya, menyimpan banyak sekali peristiwa kelam didalamnya. Danau Toba yang dulunya adalah Gunung Toba mengalami erupsi yang sangat dahsyat dan peristiwa itu terjadi pada 74.000 tahun yang lalu memakan banyak sekali korban jiwa hingga lebih dari ribuan orang. Berikut adalah 9 Fakta tentang Danau Toba.

1. Gunung Super Volcano

Gunung Toba adalah gunung super volcano yang sampai sekarang belum diketahui kapan akan meletus, gunung yang mengelilingi danau dan pulau samosir itu masih aktif.

2. Gunung Toba meletus 3 kali

Danau atau Gunung yang merupakan super volcano ini pernah meletus sebanyak 3 kali. Yang dimana letusan itu merupakan letusan purba terbesar sepanjang sejarah manusia. Letusan pertama yang terjadi pada 800.000 tahun yang lalu menghasilkan sebuah kaldera di sisi selatan danau, meliputi Prapat dan Porsea. Letusan kedua yang terjadi pada 500.000 tahun yang lalu memiliki kekuatan letusan yang lemah dari sebelumnya. Dan membentuk kaldera di sisi utara danau yaitu daerah Silalahi dan Haranggaol. Letusan ketiga yang merupakan letusan terbesar sepanjang sejarah yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu mengakibatkan badan dari gunung Toba meledakkan diri sehingga mengubahkannya menjadi sebuah danau super volcano yang biasa kita sebut dengan Danau Toba.

Baca Juga  Amazing! 9 Hal Menakjubkan Yang Ada Di Luar Angkasa

3. Lokasi Gunung Toba yang rawan bencana

Lokasi gunung atau danau Toba yang rawan bencana karena merupakan titik pertemuan tiga lempeng tektonik, yaitu Lempeng Eurasia, Indo-Australia, dan Pasifik. Karena itulah, kawasan danau Toba yang sekarang memiliki banyak sekali gunung berapi aktif.

Baca Juga : Mengejutkan! 9 Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia

4. Akibat dari Erupsi Gunung Toba

Akibat dari erupsi gunung Toba dapat dirasakan oleh seluruh rakyat di dunia. Karena letusan gunung Toba yang maha dahsyat mengakibatkan 60% populasi manusia kala itu meregang nyawa. Dan hal itu menjadi letusan purba terbesar sepanjang sejarah. Selain itu juga, letusan ini mempengaruhi cuaca pada kala itu. Suhu yang secara tiba-tiba turun drastis sebanyak lima derajat celcius.

5. Sisa Letusan Gunung Toba

Letusan yang maha dahsyat tersebut memuntahkan banyak sekali material vulkanik seperti batu-batuan vulkanik, abu vulkanik, gas, dan awan panas. Terdapat Debu Riolit yang seusia batuan Toba di Malaysia bahkan juga ditemukan di 3.000 km ke utara hingga di India Tengah dan juga di Samudera Hindia. Penyebaran abu vulkanik yang sampai ke Kutub Utara.

Baca Juga  Mengejutkan! 9 Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia

Baca Juga : 9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

6. Habitat Ikan Khas

Selain dari sejarahnya yang kelam, didalam Danau Toba juga terdapat ikan yang menjadi ciri khas dari danau tersebut. Ikan tersebut adalah Ikan Batak, yang hanya ada di danau Toba. Ikan yang berhabitat di dalam Danau Toba ini menjadi daya tarik sejarah, karena ikan ini memiliki nilai sejarah yang tinggi dan budaya yang tinggi. Karena banyak diburu, mengakibatkan ikan ini masuk kategori ikan yang terancam punah.

7. Pulau diatas Pulau, Danau diatas Danau

Keunikan Danau Toba tidak hanya terdapat pada daya tarik pesona dan sejarahnya saja. Tetapi juga fakta yang yang terdapat pada Danau ini juga menarik perhatian sampai ke Mancanegara. Yang pertama, Pulau diatas Pulau adalah sebutan bagi Pulau Samosir yang berada persis ditengah danau Toba. Dan yang kedua ialah Danau diatas Danau, dimana pada Pulau Samosir terdapat dua Danau kecil yang diberi nama Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang.

Baca Juga  9 Rasa yang selalu ada saat pertama kali kamu jatuh cinta

8. Pengubah Dunia

Letusan yang terjadi kala itu menyebabkan perubahan dunia yang sangat drastis, dari suhu hingga populasi manusia yang mengalami kematian massal. Karena itulah letusan Gunung Toba dikenal sebagai letusan gunung berapi yang dapat mengubah dunia kala itu.

9. Destinasi Populer

Selain dari itu semua, Danau Toba menjadi sebuah paket wisata yang menarik bagi para warga lokal hingga ke Mancanegara. Dimana disini kita bisa belajar banyak hal, seperti Sejarah, Kuliner yang khas, Pesona Danau yang indah dan dapat membuat tubuh kita beristirahat sejenak dari semua kelelahan di pekerjaan.

Sumber : https://phinemo.com/fakta-danau-toba/

Sumber : https://travel.kompas.com/read/2019/08/01/181600027/6-fakta-tentang-danau-toba-erupsi-purba-hingga-danau-vulkanik-terbesar-di?page=all

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top