Connect with us

Menakjubkan! 9 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus

Lainnya

Menakjubkan! 9 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus

Menakjubkan! 9 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus

Dunia9.My.Id – Memang disetiap kejadian yang terjadi di luar angkasa mungkin bisa terdengar asing bagi telinga kita, bahkan disetiap bulannya pasti ada sesuatu yang baru ditemukan dengan karakteristik yang khas dan tidak bisa kita jelaskan dengan sains yang saat ini kita pelajari. Termasuk Tata Surya kita yang sangat besar ini, masih juga menyimpan misteri. Berikut Dunia9.My.Id akan membahas tentang 9 Fakta Unik Planet Saturnus.

1. Planet yang tak bisa dipijak

Planet Saturnus sebagian besar terbuat dari gas yang sebagian besar di dominasi helium.Kita tidak bisa berdiri/mendarat di permukaan planet ini seperti yang kita lakukan di Bumi karena planet ini adalah planet gas,bukan planet batuan seperti Bumi dan Mars.

Baca Juga : 9 Satelit Alami Mengagumkan Yang Mengorbit Di Tata Surya Kita

2. Tebal Cincin

Cincin Saturnus sangat besar tapi tipis.Sangat menarik untuk mengetahui bahwa cincin utama planet ini membentang hampir mencapai jarak Bumi dan Bulan.Namun cincin ini hanya memiliki tebal sekitar 1 kilometer.

Baca Juga  9 Eksperimen Paling Sadis Dan Mengerikan Yang Terjadi Pada Manusia

3. Jika dilihat dari Bumi

Jika kita melihat Saturnus dari Bumi menggunakan teleskop,hanya cincinnya saja yang terlihat. Tetapi walaupun terlihat kecil dari Bumi, Saturnus merupakan Planet terbesar kedua di Tata Surya kita setelah Planet Jupiter.

4. Satelit Saturnus

Saturnus memiliki 46 bulan yang sudah memiliki nama ditambah 16 bulan tambahan yang menunggu untuk konfirmasi secara resmi. Jadi total dari seluruh bulan atau satelit alami yang dimiliki Saturnus adalah 62 bulan.

5. Satu Hari di Planet Saturnus

Di Bumi,satu hari sama dengan 24 jam.Sedangkan di Saturnus, 1 hari hanya berlangsung 10 jam 39 menit.

6. Planet yang paling datar di Tata Surya

Saturnus berputar pada kecepatan 6.200 mil per jam yang menghasilkan tonjolan di khatulistiwa dan kutub yang datar. Ada juga yang mengatakan bahwa Saturnus adalah planet paling datar di tata surya.

7. Keunikan Titan

Titan adalah bulan terbesar Saturnus dan merupakan satu-satunya bulan yang dikenal yang memiliki atmosfer yang cukup besar, yaitu sekitar 370 mil, 10 kali lebih tebal dari atmosfer bumi.

Baca Juga  9 Hacker dari Indonesia yang Memiliki Reputasi Level Dewa

8. Setahun di Planet Saturnus

Karena Saturnus lebih jauh dari Matahari,planet ini akan memakan waktu hampir 30 tahun waktu Bumi untuk mengorbit Matahari.

9. Pesawat Luar Angkasa yang pernah mengorbit Saturnus

Pesawat ruang angkasa pertama yang terbang dekat Saturnus adalah Pioneer 11, yang diluncurkan pada tahun 1973 dan tiba di Saturnus pada tahun 1979. Kemudian dilanjutkan oleh pesawat Cassini yang berakhir untuk dihancurkan di orbit Saturnus setelah 13 tahun mengorbit Saturnus. Dan Cassini merupakan pesawat keempat yang telah mengorbit Planet Saturnus.

Sumber : https://id-id.facebook.com/364347966998504/posts/10-fakta-unik-planet-saturnus-yang-mungkin-belum-anda-ketahuiplanet-ini-dinamaka/495652813868018/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top