Connect with us

Mengejutkan! 9 Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia

Lainnya

Mengejutkan! 9 Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia

Gunung adalah suatu tempat yang saat ini banyak digunakan sebagai media mengisi waktu libur kita bersama keluarga. Tetapi bagaimana jika yang menjadi media mengisi liburan kita, menjadi bencana yang saat mengerikan sehingga dapat mengambil nyawa kita dan orang yang kita sayangi. Berikut adalah 9 Letusan Gunung Terbesar Sepanjang Sejarah Manusia.

1. Gunung Pinatubo, Filipina – 15 Juni 1991

Filipina adalah tetangga dekat dari Indonesia, dan memiliki sebuah gunung berapi yang bernama Gunung Pinatubo. Pada tahun 1991 gunung ini meletus, tepatnya pada tanggal 15 Juni. Ketika Gunung Pinatubo meletus, gunung ini mengeluarkan debu dan awan vulkanik yang menyebar hingga 35 km di udara. Hasil erupsi Gunung Pinatubo menghasilkan longsor dan juga melepaskan gas SO2 ke angkasa sebanyak 20 juta ton. Gas ini menyebabkan suhu udara menjadi berubah drastis.

2. Gunung Vesuvius, Italia – 24 Agustus 79 SM

Tidak ada orang yang bisa lupa akan bencana alam yang terjadi di Italia pada tahun 79 SM. Sebuah erupsi gunung berhasil memakan banyak korban jiwa dan menghancurkan 2 kota Italia yaitu Herculaneum dan Pompeii. Kedua kota tersebut terkubur akibat erupsi yang dihasilkan oleh sebuah gunung berapi, Gunung Vesuvius. Gunung yang memiliki ketinggian 1.281 meter yang terletak di Teluk Naples. Gunung Vesuvius erupsi pada 24 Agustus 79 SM/ Mengakibatkan korban jiwa lebih dari 10.000 orang. Erupsi tersebut memuntahkan material seperti awan panas, debu vulkanik yang mematikan, batu, serta uap panas setinggi 33 km. Erupsi Gunung Vesuvius terjadi selama 2 hari.

Baca Juga  Buruan Coba ! 9 Bisnis Rumahan Dengan Modal Kecil dan Keuntungan Menjanjikan

3. Gunung Unzen, Jepang – 21 Mei 1792

Pada tahun 1792, terjadi sebuah erupsi gunung berapi di negeri Sakura, Jepang. Dampak erupsi ini sangatlah mengerikan, membuatnya menjadi erupsi gunung paling mematikan didalam sepanjang sejarah Jepang. Erupsi  dari Gunung Unzen pada tanggal 21 Mei 1792 membuat pergeseran tanah dan memicu tsunami. Erupsi Gunung Unzen bisa begitu parah karena gunung ini merupakan beberapa gunung berapi yang berada di wilayah Timur Nagasaki. Akibat erupsi Gunung Unzen masih bisa dilihat hingga sekarang.

4. Gunung Kelud – 1586 dan 1919

Gunung berapi di Indonesia ini masih aktif dan punya sejarah letusan yang sangat besar. Letusan pada 1586 menyebabkan 10.000 orang meninggal dunia. Sementara letusan pada 1919 menelan korban meninggal 5.000 orang.

5. Gunung Toba – 74.000 Tahun yang Lalu

Gunung Toba atau Danau Toba adalah gunung purbakala yang sekarang masih tertidur dari letusan yang menelan jiwa hingga 60% dari populasi manusia kala itu. Letusan terakhir yang terjadi 74.000 tahun yang lalu menyebabkan gunung yang sangat besar tersebut meledakkan diri dan membentuk sebuah kaldera yang sekarang disebut Danau Toba dengan Pulau Samosir yang ada di tengahnya. Sekarang Danau Supervolcano ini menjadi destinasi utama bagi para turis yang datang ke Indonesia.

Baca Juga  Ngeri ! Berikut 9 Penyakit Aneh dan Langka Yang Ada Di Dunia !

6. Gunung Tambora – 10 April 1816

Sebuah letusan gunung berapi yang dahsyat pada tanggal 10 April 1816 berhasil membuat orang ketakutan dan tidak hanya itu, puluhan ribu jiwa melayang akibatnya.Erupsi dari Gunung Tambora yang menyebabkan semua hal itu terjadi. Gunung Tambora adalah gunung berapi yang berada di Pulau Sumbawa, Indonesia. Gunung ini memiliki tinggi 3.962 meter dulunya, sekarang tingginya hanya 2.743 meter. Turunnya tinggi Gunung Tambora diakibatkan oleh erupsi yang terjadi pada tahun 1816. Akibat letusan Gunung Tambora menyebabkan perusahaan suhu atmosfer, tidak hanya di Indonesia, tapi juga Eropa. Tercatat sebanyak 100.000 orang meninggal dunia akibat gagal panen di Eropa dan Amerika.

7. Gunung Krakatau – 27 Agustus 1883

Gunung Krakatau yang berada di antara Pulau Jawa dan Sumatra. Letusan Gunung Krakatau yang terjadi pada 27 Agustus 1883 kala itu menjadi letusan gunung berapi terparah ketiga di dunia. Letusan tersebut menghancurkan sebagian besar dari pulau, dan efeknya sampai terasa sampai jauh. Suara letusannya sendiri sampai terdengar sampai Australia. Efek letusan Gunung Krakatau berlangsung selama berbulan-bulan. Dan kerna abu vulkanik yang tersembur ke atmosfir menyebabkan bulan tampak biru.

Baca Juga : 9 Bencana Alam Paling Mematikan Yang Pernah Ada

8. Gunung Laki, Islandia – 8 Juni 1783

Gunung Laki yang merupakan gunung berapi di Islandia yang mengalami erupsi pada 8 Juni 1783. Sebuah erupsi parah yang efeknya bertahan hingga 8 bulan lamanya. Selama 8 bulan efek erupsi Gunung Laki di Islandia terus terasa. Sekitar 14,7 kubik lava keluar dari mulut gunung dan menciptakan retakan sepanjang 27 km. Selama erupsi, Gunung Laki mengeluarkan gas mematikan. Gas mematikan inilah yang menyebabkan banyaknya korban jiwa. Gas tersebut terdiri dari uap air, karbon dioksida, sulfur dioksida, hidrogen klorida, dan fluor.

Baca Juga  9 Bandara Termegah Dan Termewah Di Dunia

9. Gunung Pelée, Martinique – 25 April 1902

Pulau Martinique adalah sebuah pulau kecil yang berada di Laut Karibia. Di pulau kecil inilah terdapat sebuah gunung berapi yang bernama Gunung Pelée. Gunung Pelée ini pernah meletus pada tanggal 25 April 1902. Diperkirakan sebanyak 40.000 jiwa meninggal akibat erupsi Gunung Pelée. Sebelum meletus pada 25 April 1902, banyak orang mengira Gunung Pelée tidak aktif. Jarang melakukan aktivitas, sekali terjadi erupsi, erupsi tersebut sangat parah dan menyebabkan kota St. Pierre. Hanya ada 2 orang selamat dari kota St. Pierre.

Sumber : http://www.tahupedia.com/content/show/1580/10-Letusan-Gunung-Berapi-Terdahsyat-Sepanjang-Sejarah

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Gunung_Toba

Sumber : https://daerah.sindonews.com/read/835660/23/letusan-gunung-kelud-pernah-telan-5-ribu-nyawa-1392321258

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top