Connect with us

Mengerikan !!! 9 Jenis Tanaman Hias Beracun Di Dunia

Lainnya

Mengerikan !!! 9 Jenis Tanaman Hias Beracun Di Dunia

Kalian dapat meletakkan tanaman hias di dalam maupun di luar rumah. Warna-warni tanaman hias yang cantik selain dapat membuat rumah semakin sejuk juga akan menambah aksen semarak pada rumah dan energi positif bagi penghuninya.

Namun siapa sangka, dibalik rupa tanaman hias yang cantik, ternyata ada beberapa tanaman hias yang beracun dan berbahaya bagi makhluk hidup.

Berikut 9 Jenis Tanaman Hias Beracun Di Dunia :

1. Rhubarb

Rhubarb adalah tanaman yang dibudidayakan dalam genus Rheum dalam famili Polygonaceae. Ini adalah herba abadi yang tumbuh dari rimpang pendek dan tebal. Secara historis, tanaman yang berbeda telah disebut “rhubarb” dalam bahasa Inggris dan digunakan untuk dua tujuan berbeda.

Jenis tanaman hias yang satu ini termasuk ke dalam keluarga pohon talas atau keladi. Daun tanaman hias ini memiliki racun yang berbahaya dan bisa mematikan fungsi ginjal. Tanaman hias ini umum sekali ditanam di rumah, karena daun dan batangnya dapat diolah menjadi makanan yang enak.

2. Dieffenbachia

Dieffenbachia merupakan tanaman hias populer yang biasa ditanam di pekarangan. Keindahannya berasal dari bentuk tajuk dan juga warna daunnya yang bervariasi: hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning. Di kalangan penjual tanaman hias, Dieffenbachia dikenal pula sebagai daun bahagia atau bunga bahagia.

Baca Juga  9 Manfaat Porang, Dapat Miolah Menjadi Banyak Hal!

Tanaman hias yang satu ini memiliki getah beracun pada bagian daun dan batangnya. Kalsium oksalat yang terkandung pada batang dan daunnya dapat menyebabkan gatal-gatal pada bibir dan lidah, serta mengakibatkan kejang-kejang.

3. Daffodil

dafodil adalah tumbuhan dengan bunga atraktif yang hidup di daerah beriklim sedang dan subtropis. Karena keindahan bunganya, beberapa jenisnya dikembangkan menjadi tanaman hias yang berbunga pada musim semi. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Afrika Utara, dan Asia.

Bagian umbi atau akarnya apabila termakan dapat mengakibatkan masalah pencernaan seperti muntah-muntah dan diare. Selain itu, masalah lainnya yang diakibatkan oleh racun daffodil adalah tekanan darah tinggi, tremor, dan gangguan irama jantung.

4. Hydrangea

Hydrangea adalah nama genus dari 70-75 spesies tumbuhan berbunga yang berasal dari Asia Timur dan Asia Selatan (Jepang, Tiongkok, Himalaya, Indonesia), Amerika Utara dan Amerika Selatan. Sebagian besar spesies berasal dari Jepang dan Tiongkok. Tanaman semak dengan tinggi 1 sampai 3 meter, tetapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter.
Namun daun tanaman hias ini mengandung senyawa glikosida sianogen dan akan mengeluarkan senyawa hidrogen sianida yang sangat berbahaya bagi tubuh apabila tertelan.

5. Foxglove (Digitalis Purpurea)

Digitalis adalah genus dari sekitar 20 spesies tumbuhan dua tahunan atau tahunan, yang dahulu digolongkan ke keluarga Scrophulariaceae. Bunga dari tumbuhan ini berbentuk seperti lonceng kecil dan warnanya berbeda menurut species dari ungu, merah muda, putih atau kuning. Tumbuhan ini berasal dari Eropa, Asia bagian barat dan tengah, serta Afrika utara.

Baca Juga  9 Penemu Alat Transportasi Di Dunia

Foxglove merupakan salah satu jenis tanaman hias beracun. Seluruh bagain dari tanaman hias ini mengandung glikosida, zat kompleks pada tanaman yang mengandung gula. Glikosida dapat menyebabkan beberapa reaksi keracunan seperti mual, muntah, diare, sakit perut, halusinasi, sakit kepala, hingga delirium. Ciri-ciri orang yang keracunan jenis tanaman hias ini mempunyai denyut nadi yang lemah, tremor, kejang-kejang dan bahkan dapat menyebabkan gangguan irama jantung yang mematikan.

6. Wisteria

Wisteria adalah genus tanaman berbunga dalam famili kacang-kacangan, Fabaceae, yang mencakup sepuluh spesies kayu memanjat kayu yang berasal dari Cina, Korea, Jepang, dan Amerika Serikat bagian Timur. Beberapa spesies adalah tanaman hias yang populer.

Tanaman hias ini memiliki racun pada setiap bagiannya, terutama pada biji yang diproduksinya. Seluruh bagian tanaman hias ini mengandung senyawa saponin yang apabila tertelan, dapat menyebabkan pusing, kebingungan, mual, muntah, sakit perut, diare dan yang terparah pingsan.

7. Bunga Lily

Tanaman hias cantik ini menjadi tanaman favorit banyak orang karena warna putihnya yang cantik dan elegan. Namun kalian harus berhati-hati, apabila bagian daun atau bunga dari tanaman ini tertelan akan mengakibatkan mulut dan tenggorokan terasa terbakar. Gejala lainnya yang diakibatkan oleh racun dari tanaman hias ini adalah muntah-muntah dan sakit perut. Tidak hanya pada manusia, apabila kucing peliharaan kalian tak sengaja menelan bunga atau daunnya, maka akan mengakibatkan gagal ginjal dan bahkan kematian.

Baca Juga  9 bahasa pemograman yang baik untuk dipelajari bagi pemula

8. Oleander

Bunga jepun, bunga oleander atau bunga mentega adalah tanaman perdu anggota keluarga Apocynaceae yang menghasilkan bunga sepanjang tahun Bunga jepun berasal dari Afrika bagian utara, bagian timur Mediterania dan juga Asia Tenggara.

Tanaman hias berwarna pink cerah ini memiliki seluruh bagian yang beracun. Racun oleander dapat menyebabkan muntah, diare, masalah pada saraf pusat, hingga serangan jantung.

9. Autumn Crocus

Tanaman hias beracun ini mungkin menjadi salah satu tanaman hias yang paling beracun di dunia. Racun yang terkandung pada tanaman ini berupa colchicine yang belum ada obatnya. Gejala yang ditimbulkan oleh racun tanaman ini adalah hilangnya tekanan darah serta penyakit jantung.

Demikian 9 Jenis Tanaman Hias Beracun Di Dunia

Semoga Bermanfaat…….

 

Sumber Berita : https://fabelio.com/blog/20-jenis-tanaman-hias-beracun-yang-wajib-dihindari/

Sumber Berita : https://id.wikipedia.org/wiki/

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top