Connect with us

Ngeri ! Berikut 9 Penyakit Aneh dan Langka Yang Ada Di Dunia !

Lainnya

Ngeri ! Berikut 9 Penyakit Aneh dan Langka Yang Ada Di Dunia !

Ketika kita berbicara tentang penyakit, pasti kita akan berpikir untuk tidak mendekatinya. Mungkin kita juga pernah mendengar ada yang namanya pernyakit aneh dan langka . Penyakit biasa saja sudah takut apalagi penyakit langka kan waduhhh ngeri ! Berikut beberapa penyakit aneh dan langka yang ada di dunia , mungkin ada yang belum pernah kalian dengar !

1. Persistent Sexual Arousal Syndrome

Gairah dan detik-detik menuju klimaks biasanya hanya akan Anda rasakan selama berhubungan seks atau masturbasi. Namun, segelintir orang bisa hampir setiap saat berada di ambang orgasme selama beraktivitas harian. Misalnya saat menyebrang jalan atau bahkan sedang menunggu bus umum. Padahal. mereka tidak mengalami atau menerima rangsangan seksual sedikit pun.

Sejumlah ilmuwan percaya bahwa hipersensitivitas saraf pada organ genital bisa jadi salah satu penyebabnya. Yang lain menduga bahwa penyempitan pembuluh darah vena pada panggul hingga gangguan hormon adalah penyebabnya.

2. Exploding Head Syndrome

Sebuah suara keras membangunkan Anda di malam hari atau mengejutkan Anda hingga terlonjak begitu Anda tertidur? Padahal setelah lirik kanan-kiri, tidak ada satu hal pun yang menyebabkan kebisingan. Suara keras itu datang dari dalam kepala Anda.

Gejala penyakit ini adalah tidur yang terganggu dengan kilatan cahaya terang, sesak napas, peningkatan denyut jantung, disertai suara yang terdengar seperti sebuah bom meledak, tembakan pistol, benturan simbal, atau versi lain dari suara keras dalam kepala seseorang ketika mencoba untuk tidur.

Tidak ada gejala sakit, bengkak atau masalah fisik lainnya. Ketika otak pergi tidur, otak akan “mati” secara bertahap, mulai dari aspek motorik, pendengaran, dan saraf, yang disusul dengan visual — tapi kemudian ada sesuatu yang salah dalam runutan proses tersebut. Sayangnya, obat yang tersedia saat ini hanya mampu untuk mengecilkan volume ledakan tersebut tapi tidak benar-benar menghentikan suaranya.

Baca Juga  9 Game FPS Terbaik Untuk PC

3. Progeria

Umumnya, gejala penuaan akan mulai tampak di usia paruh baya. Namun bagi anak-anak yang mengidap  Progeria atau Hutchinson-Gilford Progeria Syndrome 3, penampilan fisik mereka bahkan sudah tampak seperti lansia berumur 80 tahun meski usia sebenarnya belum menginjak dua tahun. Mereka memiliki mata menonjol, hidung tipis dengan ujung berparuh, bibir tipis, dagu kecil, dan telinga mencuat. Progeria disebabkan oleh kecacatan genetik.

Meskipun secara mental mereka memang benar masih di bawah umur, fisik anak pengidap progreria secara fisik akan bertambah tua layaknya orang-orang lanjut usia. Mulai dari rambut yang rontok dan menipis, beruban, kulit kendur dan keriput di sana-sini, menderita nyeri sendi, hingga pengeroposan tulang.

4. Stone Man’s Disease

Secara medis dikenal sebagai Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP), Stone Man’s disease adalah salah satu kondisi genetik yang paling langka, paling menyakitkan, dan paling melumpuhkan. Stone Man’s disease menyebabkan muncul pertumbuhan tulang baru menggantikan otot, tendon, ligamen, dan jaringan ikat lainnya yang seharusnya tidak ditumbuhi tulang.

Penyakit aneh ini disebabkan oleh mutasi genetik pada sistem imun tubuh untuk memperbaiki cedera. Setelah cedera, tulang-tulang baru akan berkembang di seluruh sendi sehingga membatasi gerakan dan membentuk kerangka kedua. Kondisi ini membuat pengidapnya bak patung manekin hidup yag bergerak kaku. Trauma dan cedera sekecil apapun, bahkan bekas suntikan, dapat menyebabkan tulang untuk mulai tumbuh.tidak ada pengobatan efektif untuk kondisi ini selain minum obat pereda nyeri umum.

5. Xeroderma Pigmentosum

Manusia membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan vitamin D, tapi sekitar 1 dari 1 juta orang yang memiliki xeroderma pigmentosum (XP) dan sangat sensitif terhadap sinar UV. Mereka harus benar-benar terlindungi dari sinar matahari, atau akan mengalami sunburn ekstrem dan kerusakan kulit parah.

Baca Juga  9 Fenomena Alam Yang Paling Menakjubkan. Kalian Pasti Terkagum - kagum!

Gejala biasanya pertama kali muncul pada anak usia dini, ditandai dengan kulit melepuh terbakar parah setelah hanya beberapa menit terkena paparan. Mata juga menjadi merah, kabur, dan teriritasi dari paparan UV.Orang-orang pengidap XP berisiko sangat tinggi untuk terkena kanker kulit.Meskipun ada beberapa perawatan yang tersedia, pencegahan terbaik dari kerusakan kulit parah hanyalah tinggal di kegelapan dan menjauhi diri dari sinar matahari, seperti vampir.

6. Alien Hand

Sindrom Tangan Alien adalah penyakit aneh yang membuat si empunya tubuh sama sekali tidak bisa mengnendalikan gerak-gerik tangannya sendiri. Seolah kedua tangannya memiliki nyawa dan jalan pikiran yang terpisah dari tubuh induknya.

Para peneliti percaya bahwa ini adalah efek samping dari operasi otak atau pemisahan fungsi area lobus otak.Sindrom Tangan Alien tidak ada obatnya, tapi memberikan sesuatu untuk selalu digenggam tangan cukup untuk membuatnya berhenti bergerak sementara waktu.

7. Riley-Day Syndrome

Riley-Day syndrome, dikenal sebagai Familial dysautonomia atau hereditary sensory neuropathy type 1 (HSN), adalah kondisi mutasi genetik turunan langka yang mempengaruhi sistem saraf otonom penghubung otak dan sumsum tulang belakang pada otot dan sel yang mendeteksi sensasi penginderaan, seperti sentuhan, bau, dan rasa sakit. Kemampuan untuk merasakan nyeri dan suhu sangat terganggu, terkadang hingga ke titik di mana individu tersebut benar-benar tidak mengalami rasa sakit sama sekali.

Karena HSN menyebabkan hilangnya sensasi nyeri, bukan barang baru lagi bagi penderitanya untuk menderita patah tulang acak dan bahkan nekrosis, yang menghasilkan kematian jaringan tubuh. Orang dengan HSN bahkan bisa memutuskan anggota badan mereka atau menggigit lidah mereka tanpa merasakan sedikit pun rasa sakit.

Baca Juga  Dampak Buruk Junk Food untuk Kesehatan Tubuh

8. Hypertrichosis

Dikenal sebagai cognital hypertrichosis lanuginose, mereka yang lahir dengan kondisi bawaan ini memiliki pertumbuhan rambut terlalu cepat dan banyak akibat mutasi genetik, sehingga menutupi tubuh, termasuk wajah. Inilah alasan mengapa hypertrichosis juga umum disebut sebagai sindrom “manusia serigala” — tanpa gigi taring dan cakar tajam menyeramkan.

Kondisi ini juga dapat diakibatkan oleh efek samping dari pengobatan anti-botak, meskipun beberapa kasus lainnya terjadi tanpa sebab yang diketahui. Pilihan pengobatan termasuk metode hair removal umum, meskipun bahkan waxing dan perawatan laser biasa tidak memberikan hasil yang tahan lama.

9. Microchepaly

Mungkin Anda sudah sering melihat berita tentang orang-orang yang mengalami kondisi di mana kepalanya memiliki ukuran tidak wajar, dalam hal ini, lebih kecil. Hal ini lantas dinamai sebagai penyakit microchepaly.Microchepaly adalah satu dari penyakit langka yang cukup menakutkan.

Penyakit yang kerap bersanding dengan penyakit down syndrome ini dipicu oleh sejumlah faktor, seperti paparan radikal bebas yang diterima sejak bayi masih berada di dalam kandungan, atau adanya kerusakan DNA dari janin tersebut.Penderita microchepaly, selain memiliki ukuran kepala yang kecil, juga menderita sejumlah gejala lainnya, seperti hiperaktif, kejang, gangguan bicara dan gerak.

Sumber : www.hellosehat.com

 

 

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top