Connect with us

Perlu Kamu Tahu Selain IQ! Inilah 9 Macam Kecerdasan Yang Dimiliki Oleh Manusia

Gaya Hidup

Perlu Kamu Tahu Selain IQ! Inilah 9 Macam Kecerdasan Yang Dimiliki Oleh Manusia

Dunia9.My.Id – Di dunia ini terdapat banyak sekali orang yang memiliki IQ yang sangat tinggi dan dapat mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang. Tapi taukah kamu pengertian dari IQ? IQ dalam bahasa Indonesia berarti Kecerdasan Intelektual adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, daya tangkap, dan belajar. Tetapi dari penjelasan tadi, kecerdasan seseorang tidak hanya dipengaruhi karena Kecerdasan Intelektual saja. Itulah kenapa, sekarang Dunia9.My.Id akan membahas tentang 9 Macam Kecerdasan yang dimiliki Manusia.

Baca Juga : 9 Taman Bunga Paling Indah Di Dunia. Coba Ajak Si Doi Ke Sini!

1. Naturalis

Kecerdasan naturalis adalah kecerdasan untuk menikmati dan memahami alam, memanfaatkan alam secara produktif, serta dapat menggunakan pengetahuan yang dimilikinya untuk mengelola alam dengan baik. Orang dengan kecerdasan ini memiliki empati, pengenalan, dan pemahaman tentang kehidupan dan alam yang baik. Ciri seseorang memiliki kemampuan ini adalah dapat memahami tingkah binatang, mencintai lingkungan, dan suka melakukan aktivitas di luar ruangan.

Baca Juga  9 Sandal Termahal di Dunia

2. Spasial

Kecerdasan spasial merupakan kemampuan untuk membentuk suatu gambaran tata ruang dalam pikiran. Sehingga orang dengan kecerdasan spasial memiliki kepekaan terhadap visual, bentuk, warna, garis, dan ruang. Biasanya, orang dengan kecerdasan spasial yang tinggi akan cenderung berpikir secara visual, imajinatif, dan kreatif.

3. Eksistensial

Kecerdasan eksistensial merupakan kecerdasan yang ditunjukkan dengan rasa ingin tahu yang besar mengenai kehidupan, kematian, dan realitas. Umumnya, kecerdasan ini dimiliki oleh para filsuf terdahulu yang menemukan tentang pelajaran mengenai realitas kehidupan.

4. Musikal

Kecerdasan musikal merupakan kecerdasan yang berhubungan dengan urusan seni terutama musik. Sehingga, orang dengan kecerdasan ini akan lebih peka terhadap tangga nada, irama, dan kualitas bunyi. Selain itu, orang yang memiliki kecerdasan musikal juga memiliki aspek auditori dan memori yang baik. Umumnya, orang-orang dengan kecerdasan ini akan sering bersiul atau menghentakkan kakinya ke lantai ketika sedang mendengar musik.

5. Intrapersonal

Selain kecerdasan interpersonal, terdapat kecerdasan lain yang berhubungan perasaan manusia, yakni kecerdasan intrapersonal. Kecerdasan pribadi yang berhubugan dengan aspek internal diri ini meliputi penilaian diri, menentukan tujuan hidup, intropeksi, dan mengatur emosi. Oleh karena itu, orang dengan kecerdasan ini akan lebih mampu memahami dirinya dan menyadi potensi yang ia miliki serta bagaimana ia harus bertindak dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Baca Juga  9 Obat Tradisional yang Sering Digunakan dan Terbukti Berkhasiat

6. Interpersonal

Kecerdasan interpersonal merupakan kemampuan yang berhubungan dengan pemahaman terhadap orang lain. Oleh karena itu, orang dengan kecerdasan ini dapat dengan mudah memahami orang lain sehingga dapat membantu mengatur emosi, serta memberikan motivasi.

7. Logika-Matematika

Kecerdasan logika-matematika meliputi keterampilan berhitung, berpikir logis, dan keterampilan pemecahan masalah. Menurut Gardner, siapapun yang dapat menunjukkan kemampuan berhitung dengan cepat, menaksir, melengkapi permasalahan aritmatika, memahami atau membuat alasan tentang hubungan antar angka merupakan orang yang memiliki kecerdasan ini.

8. Linguistik

Kecerdasan linguistik atau bahasa merupakan keterampilan dalam menguasai bahasa baik tulisan maupun lisan. Orang dengan kecerdasan ini memiliki kemampuan untuk menggunakan kata-kata secara efektif dalam membaca, menulis, dan berbicara. Selain itu, orang dengan kecerdasan linguistik biasanya juga memiliki kemampuan mengingat yang hebat.

9. Kinestetik

Kecerdasan kinestetik merupakan kemampuan untuk menggunakan seluruh atau sebagian dari anggota tubuh untuk melakukan suatu hal tertentu. Biasanya, orang dengan kecerdasan kinestetik akan sangat senang dan menikmati kegiatan fisik. Orang dengan kecerdasan ini juga akan lebih cekatan, tidak bisa diam, dan memiliki minat tinggi pada petualangan.

Baca Juga  9 Tipe Kecerdasan yang Dimiliki Manusia, Mana yang Kamu Punya?

Sumber : https://www.idntimes.com/science/experiment/m-tarmizi-murdianto/macam-kecerdasan-yang-dimiliki-manusia-selain-iq/full?utm_source=relatedarticle&utm_medium=website&utm_campaign=internal

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top