Connect with us

Pilotnya Pro Cuy! 9 Pendaratan Darurat Paling Heroik Yang Pernah Dilakukan Pilot

Lainnya

Pilotnya Pro Cuy! 9 Pendaratan Darurat Paling Heroik Yang Pernah Dilakukan Pilot

Pilotnya Pro Cuy! 9 Pendaratan Darurat Paling Heroik Yang Pernah Dilakukan Pilot

Menjadi Seorang pilot adalah dambaan bagi kebanyakan orang. Selain mendapatkan penghasilan yang bisa dibilang cukup tinggi, daya tarik seorang pilot juga terdapat pada kerennya pada saat berjalan menggunakan seragam sambil membawa tas, ilmunya yang sangat tinggi, pintarnya dalam mengoperasikan sebuah pesawat dan masih banyak lagi. Mengkesampingkan hal itu, tanggung jawab seorang pilot itu sangatlah besar, apalagi itu adalah pilot pesawat komersil (pesawat yang dipakai untuk mengantarkan penumpang atau barang ke tempat yang dituju) mereka membawa banyak jiwa dan barang dalam pesawat itu. Nah untuk kali ini kami akan membahas mengenai 9 aksi pendaratan darurat heroik yang dilakukan oleh pilot yang berhasil menyelamatkan banyak jiwa menurut Dunia9.My.Id.

1. US Airways Flight 1549

Pendaratan darurat yang pertama ini sangat populer teman – teman. Sampai – sampai dibuatkan filmnya loh. Kejadian ini terjadi pada tanggal 15 Januari 2009 di New York. Pada saat itu, US Airways Flight 1549 dibawah komando pilot bernama Chesley Sullenberger berangkat dari LaGuardia Airport, New York menuju Seattle-Tacoma International Airport, Saettle, Washington.

Tetapi beberapa saat setelah lepas landas, Pesawat ini terkena serangan burung sehingga membuat mesin pesawat mengalami kerusakan. Tanpa pikir panjang, saat kapten Chesley Sullenberger melihat sungai Hudson di depannya, ia langsung mengambil keputusan untuk melakukan pendaratan darurat di sana karena pikirnya jika balik ke bandara itu memakan waktu yang cukup lama sedangkan pesawat ini harus segera mendarat.

Dengan perasaan yang tenang kapten Chesley pun dapat melakukan pendaratan darurat yang bisa dibilang ‘Perfect’. Walaupun terdapat beberapa luka ringan pada awak dan penumpang, tetapi semua orang yang ada di dalam pesawat itu selamat. Luar biasa kapten.

2. British Airways Flight 5390

Pada tanggal 10 Juni 1990, maskapai British Airways dengan nomor penerbangan 5390 mengalami kejadian mengerikan, yaitu lepasnya kaca pesawat di bagian cockpit pesawat tempat dimana pilot mengendalikan pesawat. Posisi kaca yang lepas tepat berada di depan kapten Tim Lancaster yang menjadi komando di penerbangan ini sehingga membuatnya terdorong keluar oleh udara yang kencang.

Tapi untungnya ada awak lainnya disana yang memeganginya sehingga ia tidak diterbangkan oleh angin yang kencang. Dengan begitu, Alastair Atchison sebagai assiten Lancaster mengambil alih kendali pesawat dan memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat yaitu di bandara Southampton.

Baca Juga  9 Geng Motor Paling Berbahaya Di Dunia

Setelah mendapatkan izin dari menara kontrol, dengan perlahan Atchison mendekatkan pesawat dengan landasan dan melakukan pendaratan dengan sangat baik, walaupun dalam kondisi sulit yang seperti itu Atchison telah berhasil menyelamatkan semua nyawa orang yang ada di pesawat itu termasuk kapten Lancaster yang mengalami luka yang cukup serius, tapi ia juga terselamatkan.

3. Taca Airlines Flight 110

Maskapai penerbangan TACA Airlines flight 110 mengalami kejadian yang tidak terduga di tanggal 24 Mei 1988 pada saat akan mendarat di bandara internasional New Orleans, Louisiana, U.S. Pada saat masih di udara, pesawat ini melewati cuaca buruk yang membuat kedua mesin pesawat mati. Kapten Dardano sebagai komando di penerbangan ini pun sempat bingung dan merasa sedikit tegang dengan situasi ini.

Saat itu, pesawat pun mulai kehilangan kecepatan dan membuat pesawat perlahan menuruni ketinggiannya. Walaupun begitu kru pesawat termasuk kapten Dardano berusaha tetap tenang dan mulai berfikir apa yang harus dilakukan olehnya.

Saat pesawat sudah turun beberapa ribu kaki dan sudah keluar dari awan tebal tersebut, kapten Dardano melihat ada daratan yang kosong didekatnya dan memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di sana. Dengan perasaan yang tenang dia pun dapat melakukan pendaratan yang sangat heroik dan semua orang yang ada di dalam pesawat juga selamat.

4. DHL Airbus A300

Kejadian ini terjadi pada tanggal 22 November 2003. Nasib yang malang menimpa maskapai DHL Cargo pada saat penerbangannya menuju bandara internasional Bahrain dari Baghdad, Iraq. Saat itu, setelah melakukan lepas landas dan sudah mencapai ketinggian 8.000 kaki, DHL terkena serangan rudal yang membuat sayap bagian kiri kehilangan beberapa bagiannya sehingga membuat pesawat tersebut sulit dikendalikan.

Dengan keringat yang bercucuran tak henti – henti, kapten Eric Gennotte dan para krunya berusaha mengandalikan pesawat agar dapat kembali ke bandara internasional Baghdad dan melakukan pendaratan darurat disana. Ia juga sudah meminta izin kepada menara kontrol untuk melakukan pendaratan darurat dan menara kontrol juga sudah mengizinkannya.

Dengan segenap kekuatannya, ia berusaha mengarahkan pesawat menuju kesana dan benarlah, usaha tidak akan mengkhianati hasil, kapten Eric Gennotte beserta para krunya berhasil melakukan pendaratan darurat dengan sempurna.

Baca Juga : 9 Negara Yang Tidak Pernah Merasakan Sengsaranya Dijajah

5. Garuda Indonesia Flight 421

Nah untuk yang satu ini pasti teman – teman sudah tau kejadiannya. Ini terjadi pada tanggal 16 Januari 2002 di Sungai Bengawan Solo. Maskapai Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan 421 saat itu dalam penerbangannya menuju bandara Adisucipto, Yogyakarta. Di tengah perjalanannya pesawat ini mengalami mesin mati yang disebabkann dari cuaca yang buruk.

Baca Juga  9 Superhero Indonesia Yang Gak Kalah Hebat Sama Superhero Hollywood

Itu membuat sedikit kepanikan kepada penumpang dan kru pesawat khususnya kapten Abdul Rozaq sebagai komando di penerbangan kali ini. Ia berusaha berfikir dengan keras apa yang harus ia lakukan disaat seperti ini. Tak lama kemudian terlihat sungai di depannya, yaitu sungai Bengawan Solo. Ia pun berfikir untuk melakukan pendaratan darurat di sana.

Perlahan ia dekatkan badan pesawat dengan air sungai Bengawan Solo dan ternyata ia berhasil melakukan pendaratan itu. Walaupun ada satu orang tewas dan 22 orang mengalami luka – luka, tapi 59 orang dari total ada 60 orang di pesawat itu selamat.

6. Cathay Pacific Flight 780

Nasib yang malang selanjutnya dialami oleh maskapai Cathay Pacific dengan nomor penerbangan 780 pada tanggal 13 April 2010. Pesawat ini mengalami kegagalan pada mesin karena bahan bakar yang terkontaminasi. Saat sang kapten di penerbangan Cathay Pacific akan melakukan pendaratan darurat di bandara internasional Hong Kong yang sekaligus menjadi tujuannya.

Beberapa saat sebelum melakukan pendaratan, gaya dorong yang dihasilkan dari mesin pesawat tidak bisa di perkecil yang membuat sang kapten harus melakukan pendaratan dengan kecepatan dua kali lipat dari kecepatan mendarat yang sebenarnya.

Kalau difikir – fikir hal yang itu mustahil untuk dilakukan tapi sang kapten berhasil melakukan pendaratan itu. Walaupun ada beberapa orang yang mengalami luka – luka, tapi semua yang ada di dalam pesawat itu selamat.

7. LOT Airlines Flight 16

Pada tanggal 1 November 2011, maskapai LOT Airlines dengan nomor penerbangan 16 yang terbang dari bandara internasional Newark Liberty, Newark, New Jersey, U.S menuju bandara Warsaw Chopin, Warsaw, Poland ini mengalami kerusakan hidraulik yang mengakibatkan roda pesawat tidak bisa keluar.

Kapten Tadeusz Wrona sebagai komando di penerbangan ini terpaksa melakukan pendaratan tanpa menggunakan roda di bandara Warsaw Chopin. Walaupun begitu, kapten Tadeusz berhasil melakukan pendaratan tersebut dengan sangat baik. Semua orang yang ada di dalam pesawat itu selamat tidak ada yang luka – luka sedikit pun.

Baca Juga : 9 Pemimpin Yang Berpengaruh Terhadap Negaranya Dan Dunia, Nomor 1 Pasti Kenal

8. Northwest Airlines Flight 85

Kejadian ini terjadi pada sebuah jumbo jet pada tanggal 9 Oktober 2002. Maskapai Northwest Airlines dengan nomor penerbangan 85 mengalami kerusakan pada kendali di bagian ekor pesawat pada saat perjalanannya menuju bandara internasional New Tokyo, Narita, Chiba dari bandara Detroit Metropolitan Wayne County, Detroit, Michigan.

Baca Juga  9 Kecelakaan Pesawat Terparah Di Dunia. Salah Satunya Ada Di Indonesia!

Saat itu, kapten John Hanson kebingungan dan sempat merasa panik karena pesawat sulit untuk dikendalikan. Ia memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat secepatnya di bandara terdekat dengan posisinya saat ini, yaitu bandara internasional Ted Stevens Anchorage.

Ia dan para kru pesawat yang lainnya berusaha mencoba untuk mengendalikan pesawat agar dapat melakukan pendaratan tersebut. Dan usahanya pun tak sia – sia, kapten John Hanson dan para krunya berhasil melakukan pendaratan darurat dengan sempurna. Total ada 404 orang dalam pesawat ini semuannya selamat dan tidak ada yang mengalami luka – luka.

9. Aloha Airlines Flight 243

Dan yang terakhir ada maskapai penerbangan Aloha Airlines dengan nomor penerbangan 243. Penerbangan ini mengalami kejadian yang tak terduga saat perjalanannya menuju bandara internasional Honolulu dari bandara internasional Hilo.

Sepertiga di bagian atap pesawat ini terlepas karena terjadi dekompresi eksplosif pada saat sedang berada di udara sehingga membuat udara yang sangat deras menyedot ruang kabin pesawat. pada peristiwa itu salah satu pramugari terbawa oleh udara yang deras itu dan dinyatakan meninggal.

Di bagian cockpit pesawat, (ruang kendali dimana tempat pilot berada) kapten Schornstheimer dan co-pilot/assitennya seorang wanita bernama Tompkins berusaha menyelamatkan semua orang yang masih berada di pesawat dengan cara melakukan pendaratan darurat di bandara yang ada di dekatnya, yaitu bandara Kahului.

Meskipun sulit untuk melakukan komunikasi karena suara angin dan mesin yang terdengar sangat kencang, mereka berusaha untuk melakukan kontak pada menara kontrol untuk meminta izin pendaratan darurat. Setelah izin diberikan, dengan segera kapten dan co-pilot tersebut melakukan pendaratan. Alhasil mereka dapat melakukannya dengan baik dan menyelamatkan 94 orang yang ada di pesawat itu dari total 95 orang.

Sumber : Wikipedia

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top