Connect with us

Stop! 9 Makanan Penyebab Kanker Ini Harus Berhenti Kamu Makan

Gaya Hidup

Stop! 9 Makanan Penyebab Kanker Ini Harus Berhenti Kamu Makan

Ada banyak makanan di luar sana, namun tak semuanya sehat. Ada makanan yang bisa menutrisi tubuh dengan baik, ada pula yang justru bisa mengundang penyakit seperti misalnya penyakit kanker.

Dan tanpa kita sadari, sumber penyebab timbulnya kanker adalah dari makanan sehari-hari. Lalu makanan seperti apa yang bisa menimbulkan kanker? Ini sekian daftarnya.

Makanan yang sudah direkayasa genetika Makanan yang mengalami rekayasa genetika, entah untuk menambah nilai jualnya atau mengurangi kelemahannya seperti buah tanpa biji, buah berwarna macam-macam, yang mana bukan warna alaminya, diduga punya potensi menimbulkan kanker karena adanya gen yang sudah dirusak.

Popcorn

Hasil gambar untuk popcorn

Meski jadi camilan enak di waktu senggang, tapi popcorn kehilangan banyak gizi saat dimasak. Banyak orang percaya bahwa uap yang dihasilkan popcorn saat meletup atau matang mengandung senyawa diasetil yang bisa menyebabkan kanker.

Makanan kaleng

Hasil gambar untuk makanan kaleng

Makanan kaleng bukan hanya punya banyak pengawet, tapi juga diketahui punya kandungan bisphenol-A (BPA) yang mana bisa menyebabkan timbulnya kanker payudara, kanker prostat dan kanker lainnya.

Baca Juga  9 Penyakit Penyebab Kematian Terbanyak di Indonesia

Baca Juga : 9 Makanan Ini Memiliki Protein Yang Sangat Tinggi Loh!

Daging bakar di atas bara api

Hasil gambar untuk daging bakar diatas api

Daging yang dipanggang di atas bara api adalah yang paling buruk. Acara bakar-bakar mungkin jadi acara seru saat berkumpul di malam hari, tapi daging yang dibakar di atas bara api atau suhu panas tinggi bisa melepaskan senyawa yang bersifat karsinogenik.

Gula

Hasil gambar untuk gula

Gula yang sudah diproses seperti diputihkan, dihaluskan, ditambahi perasa dan lain sebagainya mungkin lebih enak dilihat dan banyak diminati, tapi gula seperti itulah yang justru punya potensi besar menimbulkan kanker. Bukan hanya memicu diabetes, tapi juga memicu timbulnya kanker payudara, prostat, saluran kencing, pankreas dan usus besar.

Soda

Hasil gambar untuk soda

Minuman bersoda atau berkarbonasi punya peran besar dalam menimbulkan kanker. Bukan hanya bisa membuat kamu obesitas, soda menghasilkan 4-methylimidazole, yang jadi pemicu kanker.

Daging olahan

Hasil gambar untuk daging olahan

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, daging olahan seperti nugget, sosis, kornet, kentang goreng dan lain sebagainya adalah makanan sumber penyakit, dan salah satunya yang paling serius adalah kanker. Bukan hanya rendah gizi, tapi juga mengandung banyak bahan kimia berbahaya yang memicu timbulnya kanker.

Baca Juga  9 Menteri Ini Diprediksi akan Dipertahankan Jokowi, Siapa Saja Mereka?

Pemanis buatan

Hasil gambar untuk pemanis buatan

Pemanis buatan biasanya digunakan untuk banyak minuman kemasan dan diduga bisa menyebabkan kanker. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi pemanis buatan pada tikus bisa memicu kanker, tapi belum jelas apakah juga berpengaruh sama pada manusia. meski begitu, kamu juga harus berhati-hati.

Kerupuk dan keripik

Hasil gambar untuk kerupuk dan keripik

Orang Indonesia suka sekali dengan keripik maupun kerupuk, tapi makanan ini bukan hanya tak bergizi, jajanan renyah ini juga punya potensi besar menyebabkan kanker.

Minyak terhidrogenisasi

Hasil gambar untuk Minyak terhidrogenasi

Minyak nabati terdengar seperti sesuatu yang sehat, tetapi masalahnya adalah tidak dapat diekstraksi dari sumbernya secara alami. Proses ekstraksi kimia adalah penyebab  terhidrogenasinya minyak nabati, yang kemudian minyak diwarnai dan dihilangkan baunya agar terlihat enak bagi konsumen. Minyak terhidrogenasi ditemukan di banyak makanan olahan untuk menjaga produk tetap segar. Akan tetapi, dalam tubuh minyak tersebut  memengaruhi struktur dan fleksibilitas sel Anda, yang dapat menyebabkan kanker

Sesekali makan tidak masalah, namun jangan jadikan menu harian ya Ladies. Kamu harus menghindari atau membatasi asupannya setiap hari. Selalu usahakan makanan yang kamu makan sehat ya.

Baca Juga  9 Jenis Modifikasi Motor Klasik, Cocok Untuk Pecinta Retro

Sumber : Fimela.com

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Gaya Hidup

To Top