Connect with us

Tahukah Kamu! 9 Hewan Yang Hanya Terdapat Di Indonesia

Lainnya

Tahukah Kamu! 9 Hewan Yang Hanya Terdapat Di Indonesia

Dunia9.My.Id – Memang banyak sekali jenis binatang yang ada didunia ini, bahkan mungkin disetiap negara memiliki hewan atau binatang ciri khas masing-masing yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Nah, kali ini Dunia9.My.Id akan membahas tentang 9 hewan langka yang hanya ada di Indonesia.

Baca Juga : 9 Hewan Yang Menghuni Kawasan Arktik Atau Kutub Utara. Nggak Kedinginan Apa Yak?

1. Komodo

Komodo Dragon atau Varanus Komodoensis adalah kadal langka asli Pulau Komodo Indonesia, Rinca, Padar, Gilli Motang dan Flores, serta dapat ditemukan di bagian timur Pulau Papua.

Spesies Kadal dari keluarga Monitor Lizard adalah kadal terbesar dan tertinggi di dunia. Komodo bisa tumbuh hingga panjang maksimum 3 meter (10 kaki) dan berat hingga 70 kilogram. Komodo Dragon ditemukan oleh dunia barat pada tahun 1910 ketika pemerintah kolonial Belanda, Letnan van Steyn van Hensbroek telah mendengar beberapa rumor tentang tanah buaya di bagian timur Indonesia. Tepat setelah itu, ia memerintahkan Peter Ouwen, ahli zoologi Belanda dari Museum Bogor untuk menyelidiki lebih lanjut tentang masalah ini. Ouwen kembali dengan membawa spesimen hidup, dua di antaranya dipamerkan di Reptil House di Kebun Binatang London pada tahun 1927.

Baca Juga  Menakjubkan! 9 Fakta Unik Tentang Planet Saturnus

2. Penyu Kemp’s Ridley

Penyu adalah hewan laut yang terdiri dari 7 (tujuh) jenis spesies. Dari 7 spesies tersebut, 6 di antaranya berasal dari Indonesia. Satu-satunya spesies yang tidak dapat ditemukan di negara ini adalah Penyu Kemp’s Ridley. Indonesia adalah rumah dari konservasi Penyu Laut terbesar yang didanai oleh Pemerintah. Banyak penduduk setempat percaya bahwa melindungi Penyu akan memberi mereka keberuntungan dari alam.

3. OrangUtan

Orangutan secara eksklusif adalah spesies Indonesia dari kera besar yang masih ada. Mereka kebanyakan ditemukan di Kalimantan. Sayangnya, Orangutan adalah spesies yang paling terancam di Indonesia karena habitat mereka telah banyak yang hilang. Namun, banyak sukarelawan dari seluruh dunia yang telah pergi ke Kalimantan untuk menyelamatkan mereka.

4. Badak Jawa

Badak Jawa atau badak bercula satu adalah hewan yang terancam punah di Indonesia. Mereka kebanyakan ditemukan di Jawa, dan populasinya makin menyusut dari tahun ke tahun. Badak Jawa memiliki kesulitan untuk bereproduksi dan mereka hanya memiliki umur 80 tahun untuk hidup.

Baca Juga  9 Penyakit Misterius Yang Sulit Di Sembuhkan!

5. Anoa

Anoa adalah kerbau kecil yang hidup di sepanjang hutan hujan di Pulau Sulawesi. Mereka yang tinggal di dataran rendah dan dataran tinggi memiliki nama yang berbeda tergantung tempat di mana mereka tinggal. Anoa adalah kerbau terkecil di dunia, orang lokal memburunya untuk makanan mereka. Anoa dewasa dapat berlari lebih cepat dari 10km / jam dan mereka memiliki beberapa tanduk yang tajam.

6. Harimau Sumatera

Sumateran Tiger atau Panthera Tigris Sumatera adalah salah satu spesies yang terancam punah di dunia dan hewan yang paling dilindungi di Indonesia saat ini. Menurut sebuah lembaga independen yang berkaitan dengan perlindungan Harimau Sumatera di Indonesia, bahwa hanya ada 350 Harimau Sumatera yang masih hidup di habitat mereka, ini membuat Harimau Sumatera adalah satu dari beberapa hewan yang dapat punah pada tahun 2050.

7. Merak

Merak adalah burung dari keluarga Phasianidae. Merak dapat ditemukan di Jawa dan Sumatera. Kamu juga dapat menemukannya di India atau Malaysia, tetapi merak ini akan berbeda dari merak yang ada di Indonesia. Merak di Indonesia memiliki bulu yang berwarna warni.

Baca Juga  9 Hewan Yang Menghuni Kawasan Arktik Atau Kutub Utara. Nggak Kedinginan Apa Yak?

8. Maleo

Maleois satu-satunya anggota genus monotypic Macrocephalo dan dapat ditemukan di hutan dataran rendah dan bukit di Sulawesi. Hewan ini adalah salah satu hewan yang dilindungi di Indonesia.

9. Tarsius

Tarsius adalah spesies primata kecil, memiliki tubuh coklat-kemerahan dengan kulit abu-abu, mata besar dan sepasang telinga yang unik. Mereka disebut Tarsius karena suatu alasan, karena mereka adalah Tarsal. Tarsius hanya ditemukan di hutan di Sulawesi.

Sumber : https://www.brilio.net/creator/gak-ada-di-negara-lain-inilah-9-hewan-langka-yang-hanya-ada-di-indonesia-073123.html

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top