Connect with us

Wow, Tidak Ada Tandingannya! Inilah 9 Galaksi Terindah Sejagad Raya.

Lainnya

Wow, Tidak Ada Tandingannya! Inilah 9 Galaksi Terindah Sejagad Raya.

Wow, Tidak Ada Tandingannya! Inilah 9 Galaksi Terindah Sejagad Raya.

Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Di Jagad Raya ini banyak sekali terdapat galaksi yang indah. Tapi disini kami akan menampilkan galaksi yang sangat indah menurut kami. Inilah dia 9 Galaksi terindah sejagad raya yang akan membuat kalian terpukau melihatnya menurut Dunia9.My.Id.

1. Milky Way Galaxy / Galaksi Bima Sakti.

Galaksi Bima sakti atau yang dikenal sebagai Milky Way Galaxy adalah galaksi kita sendiri tempat tinggal/rumah bagi bumi yang kita cintai ini. Jarak antara matahari dan pusat galaksi diperkirakan 27.700 tahun cahaya. diameternya sekitar 100.000 tahun cahaya dan ketebalan 1000 tahun cahaya. Ia terdiri dari 200-400 miliar bintang, dengan matahari kita adalah salah satunya. Diduga di pusat galaksi bersemayam lubang hitam supermasif (black hole). Ia merupakan galaksi spiral yang cukup besar dan memiliki tiga komponen utama: sebuah cakram, dimana tata surya kita berada, benjolan pusat di tengah, dan semua halo yang mengelilinginya. Matahari jauh dari pusat galaksi, separuh jalan dari sisi galaksi sepanjang lengan spiral Orion atau Lengan local. Lengan ini adalah jembatan antara dua lengan lain yang lebih besar, yaitu lengan sagitarius dan lengan perseus.

2. Andromeda Galaxy / M31.

Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224 adalah sebuah galaksi spiral berjarak kira-kira 780 kiloparsec (2.5 juta tahun cahaya; 2.4 x 1019 km) dari bumi. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November. Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tetapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang-bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik. Galaksi Andromeda bertetangga dengan galaksi Bima Sakti.

Baca Juga  9 Taman Indah di Dunia yang Bikin Kamu Ingin ke Sana

3. Cartwheel Galaxy.

Galaksi Cartwheel (juga dikenal sebagai ESO 350-40) adalah galaksi lentikular dan galaksi cincin berjarak sekitar 500 juta tahun cahaya di rasi bintang scluptor. Galaksi ini ditemukan oleh Fritz Zwicky pada tahun 1941. Luas galaksi ini sekitar 150.000 tahun cahaya, dan memiliki massa sebesar 2.9–4.8 × 109 massa matahari, dan berotasi pada 217 km/s. Zwicky menganggap penemuan ini menjadi “salah satu struktur yang paling rumit yang menunggu penjelasannya berdasarkan dinamika bintang. Perkiraan rentang galaksi ini mencapai 150.000 tahun cahaya, yang sedikit lebih besar dibandingkan Galaksi Bimasakti.

4. Whirlpool Galaxy / Galaksi Pusaran.

Galaksi Pusaran yang bisa juga disebut Messier 51a, M51a, atau NGC 5194 adalah interaksi galaksi spiral desain utama dengan inti galaksi aktif Seyfert 2 di rasi bintang Canes Venatici. Baru-baru ini diperkirakan berjarak 23 ± 4 juta tahun cahaya dari Bima Sakti, tetapi metode yang berbeda menghasilkan jarak antara 15 hingga 35 juta tahun cahaya. Galaksi Pusaran dan tetangganya (NGC 5195) yang mudah diamati oleh para astronom amatir, dan dua galaksi tersebut bahkan dapat dilihat dengan binokular. Galaksi Pusaran juga merupakan target populer bagi para astronom profesional, yang mempelajarinya untuk lebih memahami struktur galaksi (terutama struktur yang terkait dengan lengan spiral) dan interaksi galaksi.

Baca Juga  9 Taman Bunga Paling Indah Di Dunia. Coba Ajak Si Doi Ke Sini!
Baca Juga : 9 Kepulauan Yang Paling Berbahaya Di Dunia

5. Hoag’s Object Galaxy.

Sebuah galaksi non-tipikal ini dikenal sebagai galaksi cincin. Tampilan Hoag Object telah menarik para ahli astronomi amatir sebanyak struktur tak lazim yang dimiliki para ahli astronomi profesional. Apakah ini satu galaksi atau dua galaksi? Pertanyaan ini muncul pada tahun 1950 ketika astronom bernama Art Hoag mencoba mengetahui objek antar galaksi tersebut. Bagian luar objek ini didominasi oleh bintang-bintang berwarna biru cerah, sementara di daerah sekitar pusat objek ini terdapat sebuah bola dari bintang berwarna lebih kemerahan yang kemungkinan berusia lebih tua. Diantara keduanya, terdapat sebuah rongga atau celah yang muncul hampir mendekati warna gelap.

6. Black Eye Galaxy / Galaksi Mata Hitam.

Galaksi Mata Hitam yang biasanya juga disebut Messier 64, M64, atau NGC 4826 ditemukan oleh Edward Pigott pada 23 Maret 1779, dan secara independen oleh Johann Elert Bode pada tanggal 4 April tahun yang sama, serta oleh Charles Messier pada tahun 1780. Galaksi ini memiliki sebuah jalur debu penyerap gelap yang spektakuler di depan inti cerah galaksi, sehingga menimbulkan julukan “Mata Hitam” atau “Mata Setan”. M64 terkenal di kalangan astronom amatir karena penampilannya di teleskop kecil. Galaksi ini merupakan galaksi spiral di rasi bintang Coma Berenices.

7. Messier 81 / Galaksi Bode.

Messier 81 atau M81 dikenal juga dengan NGC 3031 atau Galaksi Bode merupakan galaksi spiral yang berjarak sekitar 12 miliar tahun cahaya dari bumi, yang berada pada rasi bintang Ursa Mayor. Karena jaraknya yang relatif dekat dengan Bumi, ukurannya yang besar, serta inti galaksi aktif (yang memiliki lubang hitam supermasif dengan massa 70 juta M☉), Messier 81 telah dipelajari secara ekstensif oleh para astronom profesional, serta menjadi target yang populer bagi astronom amatir.

8. Pinwheel Galaxy.

Galaxy Pinwheel yang dikenal juga sebagai Messier 101 , M101 atau NGC 5457 adalah sebuah galaksi spiral face-on yang menjauhkan 21 juta tahun cahaya (enam megaparsec) dari bumi di rasi Ursa Major. Pertama kali ditemukan oleh Pierre Méchain pada tanggal 27 Maret 1781, dikomunikasikan ke Charles Messier yang memverifikasi posisinya untuk dimasukkan dalam Katalog Messier sebagai salah satu entri terakhirnya.

Pada tanggal 28 Februari 2006, NASA dan European Space Agency merilis gambar Pinwheel Galaxy yang sangat rinci, yang merupakan gambar galaksi terbesar dan terinci dari Teleskop Angkasa Hubble pada waktu itu. Citra terdiri dari 51 eksposur individu, ditambah beberapa foto berbasis tanah ekstra.
Pada tanggal 24 Agustus 2011, supernova Tipe Ia , SN 2011fe , ditemukan di M101.

9. Sombrero Galaxy.

Galaksi Sombrero yang biasanya juga dikenal sebagai M104 atau NGC 4594 adalah sebuah galaksi spiral di rasi bintang Virgo. M104 adalah galaksi utama dalam kelompok galaksi M104. Dari Bumi galaksi ini tampak seperti topi sombrero. Ditemukan pada akhir tahun 1700-an, kemungkinan besar oleh Pierre Méchain, yang menyebutnya sebagai penemuan pada sebuah surat tertanggal 6 Mei 1783. Secara terpisah M104 juga ditemukan oleh William Herschel pada 9 Mei 1784.
Sumber : https://belajarsemesta.blogspot.com/2017/09/27-galaksi-terindah-di-alam-semesta.html

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Lainnya

To Top